Pendatang di Pekanbaru Harus Kreatif

Kamis, 06 Februari 2014 09:33
BERTUAHPOS.com,  Pekanbaru – Perkembangan Pekanbaru menuju kota besar menjadi magnet bagi warga luar daerah untuk mencari nafkah di sini. Sayangnya, jumlah pertumbuhan penduduk ini tak sejalan dengan pertumbuhan lapangan pekerjaan yang tersedia.
Disampaikan Walikota Pekanbaru, Firdaus, MT saat peluncuran beras raskin di kelurahan Tuah Karya, Rabu (05/02/2014) kemarin, saat ini jumlah lapangan kerja resmi di Pekanbaru belum bisa menampung masyarakat tempatan. Apalagi untuk pencari kerja yang berasal dari luar kota. Sehingga kehadiran pendatang dapat akan menambah jumlah angka pengangguran.
“Mau tak mau akhirnya pendatang menjadi pedagang kaki lima atau bisa kita sebut pedagang kreatif lah. Karena apa yang bisa dijual, pasti dijual,” selorohnya yang diikuti gelak tawa hadirin.Â
Namun Wako tetap optimis angka pengangguran bisa terus diturunkan dengan program prioritas yang telah dicanangkan. Misalnya dengan rutin menyelenggarakan job fair serta pembinaan skill bagi pencari kerja.
Pertumbuhan penduduk di ibu Kota Provinsi Riau ini memang relatif tinggi dari waktu ke waktu. Dari data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), laju pertumbuhan penduduk kota bertuah mencapai 4,06 persen. Angka ini melebihi rata-rata pertumbuhan penduduk nasional yang hanya dua persen. (Riki)