Wako: Evaluasi Koridor, Januari Tambah 25 Bus TMP

Sabtu, 04 Januari 2014 12:04

Bertuahpos.com, Pekanbaru – Januari ini Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan bakal menambah 25 unit bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) dengan sistem sewa. Namun sebelumnya Pemko akan mengevaluasi masing-masing koridor. “Penambahan itu untuk semua koridor. Namun itu tergantung volume penumpang. Jadi evaluasinya nanti dimana yang banyak akan diletakkan disana. Yang jelas untuk koridor satu, dua dan tiga itu lebih padat. Dan kita juga akan mengakomodir kabupaten  yang meminta TMP masuk di daerah penyanggah,” kata Wali Kota Pekanbaru, H Firdaus ST MT kepada wartawan, Jumat (03/01/2014).

Dicontohkan Wako, misalkan di Tambang Kampar dan Petapahan, karena Kepala Desanya sudah minta, mungkin akan di pioritaskan kesana. Tetapi kalau di Minas Siak, kata Wako, pihak Pemko masih menunggu penyelesaian pembangunan jembatan Siak IV. “Namun kalau di daerah penyangga seperti Tambang dan Petapahan tadi tidak disubsidi, jadi biaya tiket normal seperti biasa. Karena yang kita subsidi masyarakat kita saja, kalau masyarakat di luar kota tidak bisa disubsidi. Sebenarnya bisa, takutnya ini bisa jadi temuan, dan ini tidak boleh,” ujar Wako.

Lanjut Wako, bisa jadi untuk di daerah penyangga di subsidi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) masing-masing. Untuk tiket terendah itu Rp2500 untuk pelajar dan untuk umum Rp 4000. “Insya Allah ini bisa terealisasi, Januari sudah mulai proses lelang 25 unit bus sewa itu. Sehingga Maret bisa di jalankan,” harap Wako. (Wal)

Baca: Realisasi Penyaluran Raskin Pekanbaru Tembus 80 Persen