Utang Kartu Kredit Anda Menumpuk, Ini 3 Langkah Mengatasinya

Kamis, 22 Januari 2015 08:11
Utang Kartu Kredit Anda Menumpuk, Ini 3 Langkah Mengatasinya

BERTUAHPOS.COM  – Menggunakan kartu kredit memang diakui akan memudahkan dalam melakukan segala jenis pembayaran, baik cicilan atau penuh. Masalahnya, karena tidak bijaksana dalam menggunakannya, banyak orang yang akhirnya terjebak dengan utang karena alat bayar plastik ini.

Bahkan, ada seseorang yang memiliki delapan kartu kredit yang semuanya aktif digunakan. Akhirnya, satu per satu tagihan datang dan menumpuk.

Advertisement

Apabila Anda adalah salah satu orang yang sudah terlanjur mengalaminya, berikut adalah langkah yang bisa Anda lakukan:

Susun Rencana Keuangan

Baca: Harga Sawit Riau Sulit Diprediksi

Hal utama yang menyebabkan penggunaan kartu kredit berlebihan adalah tidak adanya perencanaan keuangan. Sekarang hitung tagihan yang Anda miliki dan buatlah pemulihan perencanaan keuangan saat tagihan kartu kredit menumpuk.

Paling penting, perketat alokasi pengeluaran Anda dalam rencana yang dibuat. Dengan begitu pengeluaran Anda pun akan dilakukan dengan lebih baik. Â

Komitmen Pelunasan

Setelah membuat perencanaan keuangan, langkah selanjutnya adalah membuat komitmen untuk menyicil tagihan yang ada. Lunasi tagihan mulai dari yang nominalnya terkecil hingga yang paling besar. Karena rata-rata tagihan akan menumpuk dan semakin membesar karena bunga kartu kredit yang terus bertambah.

Hubungi Bank Penerbit

Anda mungkin tidak bisa membayar sekaligus secara tunai tagihan-tagihan yang ada. Karena itu, cobalah Anda hubungi bank penerbit kartu kredit Anda.

Sebab biasanya bank memiliki fasilitas untuk membayar sisa tagihan tanpa dikenakan bunga, bahkan Anda bisa menyicilnya dengan jangka waktu yang bisa dipilih.

Namun, biasanya saat menggunakan fasilitas ini kartu kredit Anda akan dikunci untuk tidak dapat digunakan hingga tagihan selesai.

Lagi-lagi, penggunaan kartu kredit tergantung dari kebiasaan pengaturan keuangan Anda. Jika bijak menggunakannya, maka kartu kredit akan memberikan keuntungan finansial. Jika tidak, maka utang yang menumpuk adalah tanggungannya.(Viva)