Ukir Jepara, Omset Tembus Rp 60 Juta per Bulan

Selasa, 04 Maret 2014 18:18
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Perabotan kayu ukir dari Jepara banyak diminati konsumen karena terkenal dengan bentuk yang cantik dan kualitasnya yang bagus. Terlebih lagi perabot yang menggunakan bahan baku kayu jati, masih menjadi primadona diantara perabot bahan kayu lainnya.
 
Salah satu pengusaha perabotan kayu ukiran dari Jepara adalah Kurnia Jaya di Jalan Soekarno Hatta, Pekanbaru. Usaha ini sudah dikelola Hadi selama delapan tahun dan memiliki segmen pasar sendiri. 
 
“Penjualan kami masih cukup baik, rata-rata pendapatan kami berkisar Rp50 juta sampai Rp60 juta setiap bulannya,” ujar Hadi ,Rabu,(04/03/2014). 
 
Ia menambahkan, kelebihan dari kayu ukir Jepara di tempatnya adalah bentuk dan kulaitas kayunya yang baik. Hadi sengaja mendatangkan bahan bakunya langsung dari Jepara. Barulah produksinya dilakukan di Pekanbaru.
 
Untuk menjaga kualitas, Hadi mengaku dibutuhkan keuletan dan ketekunan. Selain itu juga perlu kemauan yang  kuat dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.
 
Beragam model dan bentuk perabot kayu telah dihasilkannya. Diantaranya adalah memproduksi ukiran meja makan set, tempat tidur, kursi, dan lemari. (mg1)