Terget Desa di Riau Teraliri Listrik 100% Desember Ini, Malah Terkendala Geografis

Selasa, 10 Desember 2019 11:36
Terget Desa di Riau Teraliri Listrik 100% Desember Ini, Malah Terkendala Geografis

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral [ESDM] Provinsi Riau, Indra Agus Lukman mengatakan masalah geografis di Riau masih menjadi kendala utama untuk merealisasikan desa-desa teraliri listrik.

“Kalau data dari teman-teman PLN, untuk desa teraliri listrik itu di desember sudah 100 persen. Hanya saja kendala geografi yang susah, ada di daerah Inhil,” katanya di Pekanbaru, Selasa, 10 Desember 2019.

Indra menjelaskan, kendala lain yang dihadapi adalah izin. Seperti untuk desa-desa di Kabupaten Kampar yang kini baru keluar izin kehutanannya, karena instalasi jaringan harus menembus daerah kawasan hutan.

“Di Kampar baru keluar izin kehutanannya untuk wilayah yang akan dilewati jaringan. Persisnya di Kampar Kiri Hulu [Kampar],” sanbung Indra Agus Lukman.

Baca: Lion Air Diminta Keluarkan Pernyataan Resmi Soal Penundaan Dihapusnya Free Bagasi

Sementara itu di Kabupaten Rokan Hulu [Rohul], dikatakan Indra, saat ini tengah dalam tahap penjajakan Kerja Sama Operasional [KSO] dengan pihak PLN. Sejumlah perangkat pendukung yang sudah dibangun di kawasan itu dianggap masih belum lengkap. “Nanti baru akan dilengkapi oleh PLN,” ungkapnya.

Karena banyaknya kendala tersebut pihaknya melakukan perpanjangan terget desa-desa teraliri listrik pada tahun 2020 sudah terealisasi 100%, meskipun kemungkinan besar belum menyentuh ke dusun-dusun.

“Pada tahun 2021 barulah kami fokus ke dusun-dusun. Mudah-mudahan terealisasi. Tapi yang jadi perhatian kami soal menanggulangi masalah geografis di Inhil,” kata Indra. (bpc3)