Riau Diminta Susun Konsep Jelas Soal Kawasan Industri Strategis

Kamis, 29 Maret 2018 11:24
Riau Diminta Susun Konsep Jelas Soal Kawasan Industri Strategis

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pemprov Riau diminta serius untuk menyusun konsep kawasan industri strategis di Riau secara jelas. Hal ini guna untuk memanfaatkan pengelolaan sejumlah kawasan saat RTRW Riau selesai ditandatangani pusat.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi mengatakan, arahan ini diperoleh setekah sejumlah perwakilan Sekda se-Kabupaten/kota di Riau melakukan pertemuan dengan salah satu Dirjen di Kementerian Ekonomi RI. Awal pekan lalu.

Advertisement

“Kami kemarin itu ada 10 Sekda perwakilan dari kabupaten/kota. Di Kementerian Ekonomi kami meminta dukungan dalam bentuk kebijakan. Karena dari sisi tekniskan sudah berjalan soal RTRW ini. Termasuk pengembangan sejumlah kawasan strategis,” katanya, Kamis 29 Maret 2018 di Pekanbaru.

Baca: Jikalahari Kecewa dengan Sikap KIP Riau Ihwal Sengketa Draf RTRW dengan DPRD

Baca: Rencana Ekspor Patin Riau ke China, Pihak Produsen Minta MoU Harus Jelas Sebab Potensi Rugi Besar

Hijazi mengatakan, diantara fokus arahan yang diberikan ke Pemprov Riau yakni mengenai keseriusan daerah terhadap fokus pengembangan kawasan tersebut. Terutama ihwal di kawasan ekonomi khusus. Bisa dalam bentuk industri pariwisata ataupun di sektor industri.

“Tapi memang titik fokusnya bagaimana pembenahan aset penunjang, seperti infrastruktur dan lainnya,” sambungnya.

Untuk ini, lanjutnya, Pemprov Riau kembali akan duduk bersama dengan Pemkab/kota untuk membicarakan masalah apa yang dihadapi dalam realisasinya.

Untuk kawasan industri baru misalnya, setelah disah-kannya RTRW Riau tentunya akan semakin mudah untuk dilakukan pengembangan kawasan tersebut. Meskipun dituntut komitmen daerah dalam pelaksanaannya. (bpc3)