RI di Peringkat 120 Doing Business, Ini Kata Kepala BKPM

Selasa, 29 Oktober 2013 14:55

BERTUAHPOS.COM  JAKARTA – Indonesia menempati peringkat 120 dalam laporan yang dikeluarkan Bank Dunia bertajuk ‘Doing Business 2014’. Laporan yang mengukur kemudahan orang untuk memulai dan menjalankan bisnis di sebuah negara tersebut menaikkan peringkat Indonesia 8 tingkat lebih baik dari posisi sebelumnya.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar mengatakan ini merupakan sebuah kemajuan. Dua hal yang menjadi acuan adalah soal akses kemudahan dalam perolehan listrik dan akses perkreditan.

“Pertama akses kemudahan memperoleh listrik, kedua langkah permudah akses perkreditan. Dua langkah itu yang mendorong perbaikan peringkat kita,” ujar Mahendra ketika dihubungi wartawan, Selasa (29/10/2013).

Menurutnya banyak perbaikan yang tetap harus dilakukan kedepan. Terutama soal akses kemudahan listrik.

Baca: Masyarakat Rohil Harapkan Bupati Suyatno Bawa Duit Ke Rohil

“Bahkan lebih rinci sampai berapa hari sampai jenis bisnis tertentu memperoleh sambungan listrik. Di luar itu masuk telpon, air minum, kredit. Yang keluar peraturan BI akan kita buat pelaksanaan sosialisasi sehingga betul efektif dalam waktu dekat,” jelasnya.

Ia menuturkan hal tersebut sudah seharusnya menjadi kewajiban. Jadi bukan karena ada peringkat atau semacamnya.

“Walaupun penting untuk naik peringkat, lebih penting kenyataan perbaikan penyederhanaan dirasakan pelaku usaha dan investor, apalagi UKM yang anggaran dan gaya,” ungkap Mahendra.
(mkl/dru/detik.com)