Puncak Panen Sawit, Harga TBS Terjun Bebas

Selasa, 26 Agustus 2014 17:49

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pekan ke 4 bulan Agustus 2014 ini, harga Tandan Buah Segar (TBS) terjun bebas dari pekan-pekan sebelumnya. Pekan ini harga TBS yang usia 10 tahun ke atas hanya 1.554,99 per kilogram.

Penurunan harga TBS pada per tanggal 27 agustus – 2 september 2014 merupakan penurunan yang paling besar sejak awal tahu 2014. Penurunan ini mencapai angka Rp 124,47 per kilogramnya.

Menurut Kadisbun Riau, penurunan ini merupakan imbas dari perdagangan CPO global yang terus melemah. Dimana, pengaruh perlambatan ekonomi terus melanda perdagangan CPO. apalagi, penurunan harga ini diakibatkan pada saat ini, negara penghasil kacang kedelai dan bunga matahari memasuki musim panen puncak, sehingga para konsumen kembali membeli komoditas tersebut.

“Pada saat ini, baik perkebunan kelapa sawit Nasional maupun negara Malaysia mengalami musim panen puncak juga. Sehingga turut memperlemah harga TBS,” kata Zulher.

Baca: TKA Itu Harus Punya Sertifikat Keahlian

Dia mengakui, penurunan ini akan memberi multi flier effect yang besar bagi petani. “Kita tidak bisa berbuat apa-apa, karena faktor utaman penurunannya bukan di pihak kita. Tapi di sistem perdagangan internasional”terang  Zulher.(syawal)