Program MPA dan Program Kemitraan PT Astra Agro Lestari di Riau

Kamis, 08 Juni 2017 17:35

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Sawit sudah menjadi tumpuan ekonomi dan kehidupan masyarakat Riau sebagai sentra industri sawit di Indonesia.

Tingginya minat masyarakat untuk usaha perkebunan kelapa sawit membuat banyak masyarakat kini mengandalkan hasil dari kelapa sawit.

“Sawit telah terbukti mampu menggerakkan roda ekonomi daerah, menyediakan lapangan kerja dan memberikan kontribusi bagi negara,” ungkap Tofan Mahdi, Head of Public Relation PT Astra Agro Lestari Tbk dalam buka bersama insan pers, Selasa (6/6).

Untuk itu kehadiran anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk di Riau yang terdiri dari PT Tunggal Perkasa Plantation, PT Sari Lembah Subur, PT Kimia Tirta Utama, PT Sawit Asahan Indah dan PT Ekadura Indonesia diharapkan dapat mendukung program pembangunan kelapa sawit di Riau melalui program kemitraan dan CSR.

Baca: Pemkab Inhil Terima CSR Dari Bank Riau Kepri Berupa Pembangunan Pondok Pesantren Anwarul Ulum dan Ruang Perawatan CVCU RSUD

Seperti diketahui, tingginya minat masyarakat dalam berkebun kepala sawit masih belum diimbangi dengan pengetahuan yang baik tentang agronomi pengelolaan perkebunan kelapa sawit. Banyak masyarakat yang mengeluh akan hasil kebun mereka karena kurang maksimal bahkan ada yang mendekati angka kerugian.

Program kontrak karya kemitraan ini merupakan program yang baru di Astra Agro Lestari. Dimana dalam program ini masyarakat. Atau petani kelapa sawit dapat memilih paket kemitraan yang ditawarkan, Mulai dari pendampingan petani untuk manajemen pengelolaan kelapa. Sawit yang terdiri dari perbaikan agronomi tanaman, manajemen panen, manajemen penumpukan serta manajemen pengakuan dan perbaikan infrastruktur kebun, juga jadi paket kemitraan yang ditawarkan.

Seperti yang ada di PT Sari Lembah Subur di Kabupaten Pelalawan, terdapat beberapa kelompok petani kontrak kemitraan, salah satunya Buyung asal Dusun Tengah Pangkalan Tampoi, Kecamatan Kerumutan melakukan MoU program kontrak kemitraan dengan kelompok tani sawit pada Selasa (23/5) lalu.

Buyung mengatakan mereka kesulitan melakukan perbaikan agronomi tanaman serta manajemen. Perawatan kelapa sawit. 

“Dengan adanya MoU tersebut, diharapkan hasil dari kebun kami meningkat sehingga menambah penghasil,” katanya.

Sebelumnya manajemen PT Astra Agro Lestari Tbk bersama anak perusahaan di Riau menggelar silaturahmi hingga buka puasa bersama.

Tampak hadir, Bambang DC, Direktur Area Andalas A-2, Suparyo, Administratur PT Sari Lembah Subur, Dwi Setya, Administratur PT Sawit Asahan Indah, Januar, Administratur PT Tunggal Perkasa Plantations, Wahyu Ritonga, Administratur PT Eka Dura Indonesia, Maruli Hutagalung, Administratur PT Kimia Tirta Utama dan Tofan Mahdi, Head of Public Relations PT Astra Agro Lestari Tbk serta Arif Winarno, Public Relation PT AAL.

“Kita berharap silaturahim yang terjalin selama ini antara manajemen perusahaan bersama media, baik cetak, elektronik dan online dapat terus ditingkatkan dan kita berharap dukungan media untuk memberikan tren positif terhadap perkembangan sawit saat ini,” kata Bambang, Direktur Area Andalas A-2. (*)