Pj Sekdaprov Riau: Kami Sudah Siapkan Lahan untuk Bangun Asrama Embarkasi Penuh

Rabu, 11 September 2019 11:42

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pemprov Riau mengklaim sudah menyediakan lahan untuk membangun embarkasi haji penuh di Provinsi Riau. Lokasi lahan tersebut berada di kawasan hotel Labersa.

Pj Sekdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie mengatakan, memang ada dua syarat utama dari sisi fasilitas yang wajib tersedia dan mendukung untuk terwujudnya embarkasi penuh. Yakni; landasan pacu bandara yang mumpuni dan tersedianya asrama embarkasi haji. Dalam aturannya, fasilitas asrama embarkasi haji itu setara dengan hotel bintang tiga.

“Kalau untuk pembangunan asramanya bukan domain kami (Pemprov Riau). Kami hanya dalam bentuk support, misalnya untuk asrama, Pemprov Riau yang menyediakan lahan, dari Kemenag yang akan membangun bangunan fisiknya,” ungkapnya.

Sementara itu, dijelaskan Ahmad Syah, untuk run way Bandara SSK II Pekanbaru menjadi tanggung jawab pihak Angkasa Pura dan kementerian terkait. Pemprov Riau dalam hal ini hanya dibebankan untuk mendukung rencana itu, misalnya; pembebasan tanah untuk perluasan run way dan hal lainnya yang diperlukan.

Baca: Jokowi Menyesal Telah Buka Kran Impor Tekstil

Untuk diketahui, tahun ini merupakan kali pertama Pemprov Riau melakukan keberangkatan jemaah haji dengan embarkasi sendiri, walau itu hanya bersifat antara, belum embarkasi penuh. Jumlah jemaah asal Riau yang diberangkatkan melalui embarkasi haji antara sekitar 5 ribu lebih. (bpc3)