Pertengahan Desember Tol Pekanbaru-Dumai Uji Laik

Kamis, 05 Desember 2019 08:01
Pertengahan Desember Tol Pekanbaru-Dumai Uji Laik
Akhir 2019 Ini 1 Pintu Tol Pekanbaru-Dumai Dibuka/net

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tim dari kementerian terkait akan melakukan uji kelayakan fungsional terhadap tol Pekanbaru-Dumai pintu pertama [Seksi 1 dan 2].

Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, M. Fauzan mengatakan diagendakan tim penguji ini akan turun pada pertengahan Desember ini. “Kalau tidak ada halangan pertengahan Desember sudah akan di jalakukan uji,” katanya, Kamis, 5 Desember 2019 di Pekanbaru.

Fauzan mengatakan uji kelayakan ini kemungkinan berlangsung beberapa hari. Setelah itu pihak HK menunggu apakah ada temuan dari tim pengunji terhadap kontruksi yang tidak sesuai standar atau ada bagian yang harus diperbaiki atau di tambah.

Selanjutnya, kata dia, pihaknya akan menunggu hasil uji tersebut keluar. Setelah itu pihak HK akan wajib menindaklanjuti hasil temuan sebelum sertifikat laik fungsional benar-benar dikeluarkan oleh kementerian terkait.

Baca: Warga Malaysia Menangkan Grand Prize Pada Perayaan Tahun Baru di GJH

“Setelah itu, biasanya akan dilakukan uji coba. Tol akan kami buka sampai izin operasional dikeluarkan oleh Kemen PUPR. Biasanya sebulan,” ungkap Fauzan.

Pada tahap uji coba ini, tol akan dibuka dan kendaraan umum diperbolehkan melintas secara gratis sampai izin operasional di keluarkan. Tahap ini sejalan dengan penyelesaian terhadap hasil temuan tim penguji untuk dibereskan sehingga betul-betul sesuai standar berlaku.

Untuk diketahui jalur tol yang dianggap sudah siap dibuka yakni pada pintu 1 yang terdiri dari seksi 1 dan seksi 2. Sedangkan untuk seksi 3 da seksi 4 setakat ini masih belum rampung masalah pembebasan lahannya. (bpc3)