Penyaluran KUR Riau Capai Rp 3,9 Triliun

Sabtu, 08 Maret 2014 15:43
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Provinsi Riau dari tahun 2008 hingga 2013 sudah mencapai Rp 3,9 triliyun, dengan jumlah nasabah mencapai 165.043 nasabah Usaha Kecil Menengah. 

Hal itu disampaikan kepala dinas koperasi dan UKM Provinsi Riau, R Indra Bangsawan kepada bertuahpos.com, Sabtu (08/03/2014). Dikatakannya, hampir 70 persen dana KUR dikucurkan usaha usaha mikro. Sisanya sekitar 30 persen disalurkan untuk usaha kecil dan menengah.

Penyaluran KUR yang paling banyak, disalurkan melalui bank BRI. Hal ini dikarenakan BRI merupakan bank nasional yang banyak tersebar di seluruh wilayah sampai ke pelosok desa. Selain itu, juga ada bank daerah, yakni bank Riau Kepri, yang banyak punya cabang di seluruh wilayah Riau. 

 
Penyaluran dana KUR memang dilaksanakan oleh perbankan yang berkerja sama. Adapun syarat peminjam juga ditentukan sesuai syarat perbankan, apakah layak atau tidak.
 
“Penyaluran ini oleh bank, dinas koperasi tidak ikut campur bagi nasabah. Dinas hanya memonitor angka peminjaman jika UKM perlu uang,”ujarnya. (syawal)

Baca: Kejaksaan dan KPK Diminta Telusuri Dugaan Pengemplangan PSDH Sinar Mas Group