Pemudik Bisa Gunakan Kartu BPJS Kesehatan Dimana Saja

Kamis, 15 Juni 2017 16:32

BERTUAHPOS.COM (BPC), PAYAKUMBUH – BPJS Kesehatan memberikan kebijakan khusus terhadap pelayanan kesehatan bagi pemudik se-Indonesia. Dimana saja pemudik berobat, di Rumah Sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan maka bisa digunakan.

“Tanpa melapor dulu ke-Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat, khusus bagi pemudik bisa berobat gratis dimana saja di Indonesia. Ini khusus bagi pemudik yang berlaku dari 19 Juni hingga 2 Juli 2017 mendatang,” sebut Kepala BPJS Kesehatan Payakumbuh, Dahidin saat konferensi Pers, Kamis (15/06/2017), di hadapan awak media dengan tema “Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan”.

Tampak hadir pada konferensi pers itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Desmon Khorani dan Direktur RSUD Adnan WD Payakumbuh, dr Yanti serta staf BPJS Kesehatan Payakumbuh.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Desmon Khorani menyebut jika Pemerintah Kota sudah mempersiapkan dua posko pelayanan kesehatan bagi pemudik. “Kita akan stanby di dua posko mudik, pertama di Ngalau Indah, kemudian di pasar pusat kota Payakumbuh. Sementara tempat kesehatan seperti puskesmas dan postu juga buka selama lebaran bahkan waktunya sampai pukul 17.00 WIB,” sebutnya.

Baca: Diresmikan Walikota Dumai, Kantor Kas Bank Riau Kepri di RSUD Kota Dumai Mulai Beroperasi

Tidak hanya itu, Dinas Kesehatan juga menempatkan petugas kesehatan di masing-masing posko lengkap dengan obat-obatan dan satu unit ambulance. Kemudian juga menempatkan petugas kesehatan di objek-objek wisata seperti Ngalau Indah.

“Kita juga akan menggelar helat Pacu Kuda, disana juga kita tempatkan petugas lengkap termasuk ambulance,” sebutnya.

Direktur RSUD Adnan WD, dr Yanti juga menyebut pihaknya sudah siap dengan petugas jaga di IGD dan tempat rawat inap selama lebaran.

“Kita ada dokter jaga di masing-masing unit termasuk IGD. Jadi sudah siap untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat baik yang menggunakan BPJS Kesehatan maupun tidak. Khusus yang menggunakan BPJS Kesehatan kita minta memastikan kartunya aktif,” harapnya. (bpc15)