Pemprov Riau Minta BUMD Fokus Tingkatkan Deviden, Akan Ada Evaluasi Berkala

Minggu, 05 Juli 2020 18:38
Pemprov Riau Minta BUMD Fokus Tingkatkan Deviden, Akan Ada Evaluasi Berkala
Kota Pekanbaru dari atas. (Foto : Melba / Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) diminta untuk fokus pada pencapaian deviden sesuai dengan harapan pemegang saham. Deviden itu nantinya juga akan dimanfaatkan kembali ke pembangunan daerah.

Kepala Biro Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) Setdaprov Riau Jhon Semedi Pinem mengatakan masalah capaian deviden setiap BUMD di Riau memang masih menjadi catatan tersendiri dan akan tetap dilakukan evakuasi secara berkala.

Advertisement

“Jadi fokus kedepan memang BUMD akan lebih diminta untuk serius dan fokus terhadap deviden. Karena memang keberadaan BUMD itu kan bagaimana bisa berkonsentrasi besar terhadap deviden sesuai dengan keinginan para pemegang saham,” jelasnya, Minggu, 05 Juli 2020.

Dia menambahkan kedepan fokus Pemprov Riau terhadap BUMD akan lebih intens. Dia mengklaim bahwa tidak menutup kemungkinan jika memang kinerja atau capaian deviden tidak sesuai harapan, maka akan dilakukan perombakan terhadap direksi.

Baca: Butuh Komitmen Perbankan untuk Tingkatkan Daya Saing UMKM Lokal

Adapun BUMD Riau saat ini PT Bank Riau Kepri (BRK), PT Pengembangan Investasi Riau (PIR), PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida), PT Permodalan Ekonomi Rakyat (PER), PT Bumi Siak Pusako (BSP), dan PT Riau Petroleum dan PT Riau Airline (RAL).

Dia menambahkan, saat ini memang sudah ada beberapa BUMD Riau yang memberikan kontribusi deviden memadai namun memang perlu dilakukan peningkatan kinerja agar mendapatkan hasil yang memuaskan. (bpc2)