Pedagang Lokal Masih Bertahan di Tengah Gempuran Ritel Asing.

Selasa, 10 Desember 2013 14:16

BERTUAHPOS.COM,Jakarta -Berbagai perusahaan ritel asing sudah menyerbu pasar Indonesia, seperti Uniqlo dari Jepang atau H&M dari Swedia dan banyak lagi. Peritel lokal masih bertahan di tengah gempuran asing seperti sekarang ini.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Pudjianto mengaku terpaksa harus bersaing dengan perusahaan asing tersebut. Ini sudah menjadi konsekuensi logis dari perdagangan yang terbuka.

Advertisement

“Iya kita mau nggak mau harus bersaing dengan mereka,” ungkapnya di Gedung Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (10/12/2013)

Saat ini perusahaan ritel masih cukup kuat di dalam negeri. Akan tetapi memang harus ada kewaspadaan menghadapi ritel asing. Terutama untuk ritel dari Jepang, Korea Selatan dan Turki.

Baca: Sejahtera Karena Sawit Adalah Hak Rakyat Indonesia

“Sekarang masih oke. Toh semua asing melihat ke kita karena pasar kita itu besar. Jepang, Korea Selatan, Turki itu mengarah ke kita. Tapi nggak usah kuatir,” ujarnya.

Ia juga berharap, pemerintah ikut membantu agar perusahaan dalam negeri dapat bertahan. Terutama dalam menjaga daya saingnya.

“Pemerintah juga harus mengatur cara supaya kita bisa tetap bertahan di negara sendiri,” kata Pudjianto.(detik.com)