Perusahaan Ban Terbesar di Dunia Bakal Bangun Pabrik di Karawang.

Selasa, 10 Desember 2013 14:24

BERTUAHPOS.COM, Karawang : Perusahaan ban Taiwan Cheng-Shin Rubber Ind.Co.,Ltd., berencana membangun pabrik ban sepeda motor dengan besaran investasi senilai US$ 320 juta atau setara Rp 3,8 triliun. Perusahaan ban terbesar ke-9 di dunia itu menargetkan kawasan industri Karawang sebagai lokasi pabrik nantinya.

Seperti melansir laman Tire Business, Selasa (10/12/2013), Cheng Shin yang lebih dikenal sebagai Maxxis International dalam berbisnis itu, memprediksi proyek pembangunan pabrika akan menelan waktu sekitar 12 hingga 18 bulan. Artinya, proyek pembangunan pabrik dapat rampung pertengahan 2015.

Berlokasi di sekitar kawasan industri Karawang, proyek tersebut akan menjadi pabrik Cheng Shin yang ke-11.

Hingga saat ini perusahaan masih belum mengumumkan kapasitas atau tingkat penerimaan tenaga kerja cabangnya di Karawang. Akan tetapi, perusahaan tersebut mengungkapkan pabrik akan dibangun di atas lahan seluas 69 hektare (ha) di Suryacipta City, Karawang.

Baca: Dunia Usaha dan Pendidikan Sama-sama Gelisah

Di Asia Tenggara, pabrik tersebut akan menjadi lokasi usaha Cheng Shin yang ketiga setelah sebelumnya membangun cabang produksi di Thailand dan Vietnam. Perusahaan asal Taiwan itu menilai pasar Indonesia sangat berkembang untuk bisnis ban mobil dan motor.

Munculnya pengumuman ekspansi terbaru ini hanya selang beberapa bulan setelah anak usaha Cheng Shin mengumumkan akan membuka pabrik ke-7 nya di China. (Sis/Ndw/liputan6.com)
Â