Padi BBU Inhil Bisa Panen Setahun 2 Kali

Kamis, 21 Agustus 2014 15:07
BERTUAHPOS.COM, TEMBILAHAN – Keberadaan Balai Benih Utama (BBU) Pekan Arba, Indragiri Hilir (Inhil) diharapkan dapat menyumbang benih yang bermutu yang bisa dimanfaatkan oleh para petani yang ingin bercocok tanam padi.

Diungkapkan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Inhil, H Wiryadi mengatakan, Rabu (20/8/2014) sore kemarin, bahwa benih tersebut terbukti kualitasnya.

Karena di lokasi tersebut telah ditanam padi sebanyak dua kali dalam setahun. Dimana, untuk musim ini ditanam pada pada lahan seluas 7 hektar dari total 17 hektar lahan yang tersedia.

“Varitaa padi yang ditanam adalah lentik bamban, karang duku, bujang berinai dan ceko putih,” imbuhnya.

Baca: RoRo Dumai-Malaka Ditergetkan Beroperasi Triwulan III 2020

Sementara itu Sekretaris DTPH Riau, Mazaman HZ menambahkan, Inhil merupakan kabupaten pertama penyumbang beras terbesar di Provinsi Riau. Oleh karena itu, harus terus dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi di masa mendatang.

“Untuk mempertahankan prestasi ini, maka harus dilakukan berbagai langkah, diantaranya mengamankan kawasan-kawasan pengembangan tanaman pangan terutama padi yang sudah ada ini, agar tidak bergeser untuk kepentingan lain,” terangnya.

Salah satunya dengan memberikan bantuan 25 peralatan mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani dari Kelurahan Pekan Arba, Kecamatan Tembilahan.

Bantuan dari Pemkab Inhil tersebut berupa 20 unit Hand Traktor Roda 2 Singkal, 3 unit Cultivator (Pengolah Lahan Kering) dan 2 unit Chover (Pencacah Sampah) yang diserahkan secara langsung oleh Bupati Inhil, HM Wardan. (cr1)