Operasi Pasar, Baru Rohil Serahkan SPA ke Bulog

Jumat, 26 Desember 2014 16:04

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU- Dipenghujung tahun 2014, Perum Bulog Divisi Regional Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) berharap pemerintah daerah se Riau menerbitkan Surat Perintah Alokasi (SPA) untuk Operasi Pasar Khusus Cadangan Beras Pemerintah (OPK-CBP). Hal itu sesuai dengan arahan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, untuk mengantisipasi gejolak harga jelang natal dan tahun baru.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bulog Divre Riau Kepri, Faruq Octobri Qomar kepada bertuahpos.com. “Kita harapkan SPA OPK CBP dari pemkab maupun pemko secepatnya dapat diterbitkan. Agar bulog Riau kepri segera menindakanjuti pelaksanaan penyalurannya,” ujarnya, Jumat (26/12/2014).

Advertisement

Dikatakan Faruq, saat ini baru Rokan Hilir yang sudah menyampaikan SPA ke bulog. “Baru Rohil yang sudah sampaikan SPA, Pemda yang lain kita harapkan bisa segera menyampaikan SPA. Sehingga di Januari 2015 bisa segera kita tindak lanjuti,” jelasnya.

Sambung Faruq, untuk operasi pasar pihaknya sudah menyiapkan 4.385 ton untuk Riau dan Kepri. Jumlah tersebut diperuntukkan 292.388 RTSPM dengan harga tebus berasnya mencapai Rp1.600 per kilogram.

Baca: Pemerintah Bekukan 14 Usaha Asian Agri

Selain itu, jelas dia, Bulog Riau Kepri juga telah melaksanakan operasi pasar (OP) untuk menekan gejolak pasar mengingat penaikan harga sejumlah komoditas bahan pokok pascapenaikan harga BBM subsidi,
natal, dan tahun baru. “Guna menahan kenaikan harga beras di pasar  setempat karena RTS-PM Raskin sudah bisa terima beras, lewat ” jelasnya.

Penyaluran beras Bulog dalam operasi pasar ini juga untuk menstabilkan harga di tingkat masyarakat miskin. Pasalnya, sejak Oktober lalu, program Beras Miskin (Raskin) sudah habis tersalurkan. dan tidak lagi
membeli beras di pasar. “Pantauan kita di lapangan khususnya Pekanbaru harga beras sudah naik sekitar Rp 500 per Kg, makanya untuk menekan kenaikan harga pemda harus segera terbitkan SPA,” katanya.  (Riki)

Berita Terkini

Rabu, 20 Januari 2021 17:30

OJK Beberkan Potensi Keuangan Syariah Besar, Namun Pencapaiannya Berat

#PasarSyariah #ojk #finance

Rabu, 20 Januari 2021 15:32

Apple Digugat, Telegram Diminta Dihapus dari App Store

#aplikasi #telegram apple

Rabu, 20 Januari 2021 14:34

Ini 10 Rumah Sakit di Riau Terbanyak Merawat Pasien Covid-19

#kesehatan #rumahsakit #regional

Rabu, 20 Januari 2021 13:31

Diduga Terjalin Komunikasi, KPK Dalami Keberadaan Harun Masiku dari Saudaranya

#HarunMasiku #KPK #Korupsi

Rabu, 20 Januari 2021 12:30

AS Yakin China Melakukan Genosida dan Kejahatan Kemanusiaan Terhadap Muslim Uighur

#china #as #uighur #internasional

Rabu, 20 Januari 2021 11:56

Honda Kritisi Filipina Soal Impor Mobil

#otomotif #impor #filipina