Negara Terbaik Untuk Berbisnis: Malaysia Masuk 10 Besar, RI?

Selasa, 29 Oktober 2013 16:29

BERTUAHPOS.COM – Bank Dunia kembali membuat peringkat negara terbaik untuk melakukan bisnis di tahun ini. Dalam survei yang dilakukan tersebut, China yang merupakan negara ekonomi terbesar kedua dunia tidak masuk.

Ada dua negara di Asia Tenggara yang masuk ke dalam 10 besar sebagai tempat terbaik untuk berbisnis. Kedua negara tersebut adalah Singapura dan Malaysia.

Lembaga ini juga membuat peringkat negara-negara yang terburuk untuk berbisnis. Negara-negara terburuk ini kebanyakan dari Afrika. Laporan bernama ‘Doing Business 2014’ ini mengukur kemudahan orang untuk memulai dan menjalankan bisnis di negara tersebut.

“Regulasi merupakan sebuah realitas dari awal untuk memulai bisnis. Bila aturan kompleks, maka bisa menghabiskan banyak biaya,” demikian laporan Bank Dunia tersebut yang dikutip dari AFP, Selasa (29/10/2013).

Baca: Pemko Harus Jemput Bola Status Cik Puan

Namun, laporan tersebut mengatakan, ada sejumlah negara yang melakukan banyak perbaikan dari sisi birokrasi, untuk mendukung aktivitas sektor swasta. Survei ini berbasiskan 10.000 kalangan profesional sebagai sampel dan pemberi pendapat.

Negara-negara yang disebut melakukan perbaikan aturan berbisnis dalam 5 tahun terakhir adalah Rwanda (peringkat 32), Rusia (92), Ukraina (112), dan Filipina (108).

Rusia dan Rwana naik 20 peringkat dibandingkan tahun lalu, sementara Ukraina naik 25 peringkat, dan Filipina naik 30 peringkat. China masih berada di posisi bawah yaitu 74.

Meski begitu, laporan ini juga menimbulkan kritikan dari sejumlah kalangan, karena ukuran yang digunakannya.

Berikut daftar 10 negara terbaik untuk berbisnis di dunia:
1. Singapura
2. Hong Kong
3. Selandia Baru
4. Amerika Serikat
5. Denmark
6. Malaysia
7. Korea Selatan
8. Georgia
9. Norwegia
10. Inggris

Sementara posisi 5 paling bawah, atau negara terburuk untuk berbisnis adalah:
185. Republik Kongo
186. Sudan Selatan
187. Libya
188. Republik Afrika Tengah
189. Chad
(dnl/dru/detik.com)