Negara Produsen Emas Terbesar di Dunia, Indonesia?

Rabu, 09 Oktober 2013 23:35

BERTUAHPOS.COM – Permintaan emas di pasar dunia terus mengalami lonjakan setiap tahunnya. Ada sekitar 2.700 ton emas yang diperdagangkan di tahun 2011 atau melonjak 5,5% bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, peranan negara produsen emas tidak bisa diabaikan. Menurut catatan ‘Geological Survei’ ada 10 negara di dunia yang menjadi raja penghasil emas terbesar di dunia. Berikut ini daftarnya seperti dikutip, Kamis (10/10/2013).

Advertisement

1. China
Total produksi emas rata-rata di China adalah yang tertinggi mencapai 360 ton/tahun. Lima provinsi terbesar adalah di Shandong, Henan, Jiang Xi, Fujian dan Mongolia dengan menyumbang 59,9%.

2. Australia
Total produksi emas rata-rata di Australia mencapai 270 ton/tahun. Penghasil emas di Australia didominasi dari Australia Barat, Australia Selatan, dan New South Wales. Sedangkan cadangan emas terbesarnya ada di Super Pit, Kalgoorlie, Telfer, Agnew, Dam Boddington dan Sunrise. Super pit bahkan menyumbang produksi 24 ton dari total produksi emas di Australia.

Baca: Maraknya Belanja Online Tak Pengaruhi Jumlah Pengunjung Mall SKA

3. Amerika Serikat
Total produksi emas rata-rata di Amerika Serikat mencapai 237 ton/tahun. Gurun pasir Montana dan Nevada adalah produsen emas terbesar di AS. Selain itu ada Alaska, Utah dan Colorado. 75% kapasitas produksi emas dihasilkan di Nevada.

4. RUsia
Total produksi emas rata-rata di Rusia mencapai 200 ton/tahun. Cadangan emas di Rusia diprediksi mencapai 7.200 ton. Tambang utamanya berada di Chutka, Olympiada, Voro dan Khabarovsk

5. Afrika Selatan
Total produksi emas rata-rata di Afrika Selatan mencapai 190 ton/tahun. Tambang emas utamanya terdapat di Witwatersrand Basin Archaen dengan cadangan emas diprediksi mencapai 49.000 ton/tahun.

6. Peru
Peru adalah negara nomor 6 penghasil emas terbanyak di dunia. Negara ini menghasilkan emas rata-rata 150 ton/tahun. Konsentrasi penambangan difokuskan pada kota Cajamarca, La Libertad, Apurimac, dan Arequipa. Bahkan Para Lagunas Norte adalah tambang terbesar di Peru dengan kapasitas produksi mencapai 23 ton/tahun.

7. Kanada
Total produksi emas rata-rata di Kanada mencapai 110 ton/tahun. Negara bagian Ontario, Quebec dan British Columbia menjadi pemasok emas terbesar di Kanada. Tambang Red Lake di Ontario menjadi tambang emas terbesar di Kanada kapasitas 50% dari total produksi.

8. Ghana
otal produksi emas di Ghana rata-rata mencapai 100 ton/tahun. Berbeda dengan Indonesia, produksi emas di Ghana mengalami kenaikan 22% setiap tahunnya. Emas adalah barang mineral yang menyumbang lebih dari 90% dari total ekspor mineralnya. Tempat produksi terkonsentrasi di daerah bagian barat laut dan barat daya Ghana.

9. Indonesia
Produksi emas di Indonesia per tahunnya rata-rata mencapai 100 ton/tahun. Namun kecendrungan produksi emas di Indonesia terus mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Sebagai contoh produksi emas di tahun 2011 sebesar 100 ton turun 16,7% bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Sedangkan tambang emas terbesar Indonesia adalah di Grasberg, Batu Hijau, Bukit Tujuh, Ertsberg yang berpusat di Provinsi Papua. Tambang emas Papua adalah salah satu yang terbesar di dunia.

10. Uzbekistan
Produksi emas di Uzbekistan per tahunnya mencapai 90 ton/tahun. Sedangkan cadangan emas diprediksi mencapai 2.100 ton. Tambang emas Muruntau di Gurun Kyzylkum di pusat kota Uzbekistan adalah yang terbesar di dunia.(detik.com)