Musim Mudik, Konsumsi Solar di Riau Justru Susut 15 Persen

Rabu, 06 Agustus 2014 11:09

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Selama penyelenggaraan musim mudik, konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) di 136 SPBU Riau menurun 15 persen. Hal tersebut dikarenakan kebijakan pembatasan kendaraan bermuatan berat melintas pada jelang lebaran.

Disampaikan Sales Executive Retail X Riau, Drestanto Nandiwardhana kepada bertuahpos.com. “Selama ramadhan dan lebaran 1435 hijriah lalu tingkat konsumsi BBM jenis Solar turun 15 persen,” ujarnya Rabu (06/08/2014).

Hal tersebut dikarenakan adanya kebijakan larangan melintad kendaraan bermuatan berat, guna menghindari kemacetan dan kecelakaan di Riau. “Penyebabnya karena ada larangan melintas untuk kendaraan jenis truk, CPO, Kontainer pada H-7 sampai H+7 di sejumlah daerah,” sebutnya.

Namun kebalikannya Konsumsi Premium tercatat naik meski tidak signifikan. “Untuk BBM jenis premium meningkat walau tidak signifikan,” sebutnya.

Baca: Kualitas Batubara di Rohul Sangat Bagus

Pihaknya mencatat kenaikan jumlah konsumsi premium di Riau sebesar 15 Persen. “Peningkatan terjadi di sejumlah lintas Riau menuju Sumbar (Sumatera Barat). Kalau ke Jambi dan Sumatera Utara tidak begitu tinggi,” sebutnya. (riki)