Miliarder Paling Dermawan Dunia Berasal dari Timur Tengah.

Selasa, 10 Desember 2013 15:12

BERTUAHPOS.COM,Dubai : Penelitian Wealth-X dan UBS bertajuk Billionaire Census 2013 menunjukkan gabungan kekayaan seluruh miliarder di kawasan Timur Tengah berjumlah US$ 354 miliar atau setara Rp 4.239 triliun. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi dibandingkan gabungan kekayaan miliarder di kawasan manapun di dunia.
Tak hanya itu, kalangan masyarakat kelas atas di jazirah Arab ini juga berhak menyandang gelar sebagai penyumbang terbesar di dunia dengan kontribusi mencapai 40% dari total seluruh kekayaan miliarder dunia.

Dikutip dari laman Emirates 24/7, Senin (9/12/2013), sumbangan miliarder Timur Tengah tersebut lebih dari dari kalangan orang kaya dari Eropa yang menyumbang 28% dan Amerika Utara sebesar 22%.

Sementara, jumlah sumbangan seluruh kekayaan miliarder di Asia hanya mencapai 18% dari total harta orang super kaya di dunia.

Tumpukan kekayaan orang kaya di kawasan Timur Tengah memang bisa membuat mata tercengang. Di Uni Emirat Arab, total harta seluruh miliardernya setara dengan seperempat kekayaan negara. Dari laporan Wealth-X, seluruh miliarder di negara itu memegang kekayaan sebesar US$ 45 miliar atau setara 538,8 triliun.

Baca: Prospek Saham Syariah Diprediksi Jadi Idola

Nilai kekayaan lebih besar juga terlihat dari harta para miliarder dari Arab Saudi. Jika digabungkan, harta seluruh miliarder di Arab Saudi dapat mencapai US$ 204 miliar atau setara Rp 2.443 triliun. Arab Saudi memang menempati urutan ke-7 di dunia berdasarkan pendapatan per kapita setiap miliarder.

Hebatnya, jumlah miliarder di kawasan tersebut masih lebih sedikit dibandingkan Eropa, Amerika Utara dan Asia. Tetapi dengan jumlah 157 miliarder, kawasan tersebut mengungguli Amerika Latin, Afrika dan Oseania.(Sis/Shd/liputan6.com)