Membantu Anak yang Lambat Belajar.

Selasa, 10 Desember 2013 15:20

BERTUAHPOS.COM— Setiap orangtua pasti ingin punya anak yang pandai dalam segala hal. Sayangnya, tidak semua anak bisa belajar banyak hal dengan cepat karena kemampuan menangkap dan menalar setiap anak berbeda-beda, ada yang cepat, ada pula yang lambat.

Namun, ini tak berarti bahwa anak-anak yang punya kemampuan belajar lambat adalah anak-anak yang bodoh atau anak berkebutuhan khusus. Mungkin saja, mereka hanya memiliki masalah dalam belajar, terutama untuk menghapal hal baru dengan cepat.

Menariknya, anak-anak ini sangat baik di sebagian besar kegiatan lain, kecuali membaca, menulis, atau dalam hal matematika. Oleh karena itu, peran dari kedua orangtua dan guru ialah untuk membantu anak-anak dalam mengatasi masalah.

Untuk menghadapi anak yang mengalami kesulitan menangkap pelajaran, ini trik yang bisa Anda lakukan.

Baca: Tanpa SK Walikota, Tarif Angkutan Massal di Pekanbaru Tetap Turun

1. Makanan sehat dan tidur yang cukup
Sarapan yang sehat dan tidur yang cukup sangat penting untuk membantu anak belajar lebih baik. Lingkungan yang sehat membantu mereka dalam meningkatkan kemampuan di bidang akademik mereka. Tempat yang tenang dan sejuk, makanan sehat, dan tidur yang cukup pasti akan membantu anak-anak ini.

2. Bantuan dalam mengerjakan pekerjaan rumah
Ketika memiliki anak yang lambat belajar, berikanlah waktu khusus untuk membantu mereka dalam pelajaran. Misalnya, membantu mereka saat mengerjakan PR dan periksa pekerjaan rumahnya. Ini tidak hanya akan membantu mereka mengingat apa yang telah mereka pelajari, tetapi juga membantu mereka lebih siap menghadapi ujian. Hanya, jangan paksa mereka untuk selalu belajar. Pastikan mereka mendapat waktu istirahat di antara sesi pekerjaan rumah mereka.

3. Libatkan dalam kegiatan yang menyenangkan
Dunia anak adalah dunia bermain. Maka dari itu, jangan terlalu memaksa mereka untuk belajar. Sesekali biarkan mereka bersenang-senang dengan permainan favoritnya. Kegiatan semacam ini membuat mereka merasa segar dan mereka akan segera kembali ke kegiatan akademik mereka.

4. Revisi
Sebelum tidur, pastikan Anda memberikan pengulangan bahan pelajaran yang tepat untuk anak-anak Anda dengan mengajukan pertanyaan dengan cara yang menyenangkan, misalnya kuis. Jika mereka gagal menjawab, jelaskan jawaban secara perlahan sehingga mereka bisa memahami.(kompas.com)