Meski Negaranya Krisis, Orang Kaya di Jerman Semakin Tajir

Selasa, 08 Oktober 2013 04:46
Meski Negaranya Krisis, Orang Kaya di Jerman Semakin Tajir

BERTUAHPOS.COM – Jumlah kekayaan orang super tajir di Jerman semakin meningkat. Meskipun beberapa tahun ini negara-negara Eropa tengah dilanda perlambatan ekonomi dan krisis. Seperti kekayaan yang dimiliki pemiliki pusat perbelanjaan raksasa, Aldi.

“Belum ada dalam catatan kekayaan orang kaya Jerman meningkat tajam. Saat ini jumlah orang kaya meningkat tajam. Dari daftar 500 orang terkaya di Eropa, 135 berasal dari Jerman,” ucap laporan Manager Magazine seperti dilansir AFP, Selasa (8/10/2013).

Kriteria penilaian didasarkan pada kekayaan individu, kepemilikan saham, properti hingga perusahaan.

Seperti dilansir Manager Magazine, jumlah kekayaan dari 100 orang paling tajir di Jerman naik 5,2% selama 12 bulan. Total kekayaan mencapai 336,6 miliar euro (US$ 457,4 miliar). Nilai ini meningkat dibandingkan saat masa krisis 2008 yang sebesar 324,6 miliar euro.

Baca: Demi Penataan Kota, PKL Diungsikan dari Kapten Mukhtar

Orang terkaya di Jerman saat ini dipegang pendiri swalayan berhaga murah Aldi, Karl Albercht. Meski kurang disorot publik, pria 93 tahun ini ditaksir memiliki kekayaan hingga 17,8 miliar euro.
“Dia menjadi orang terkaya terlama di Jerman,” jelasnya.

Bahkan di Majalah Forbes, Karl berada di posisi 18 sebagai orang terkaya di dunia.

Orang terkaya ke-2 dengan total kekayaan 16 miliar euro versi Manager Magazine adalah Theo Albrecht Jr dan disusul adiknya, Berthold. Ia merupakan salah satu pemilik unit usaha Aldi Nord dan Trader Joe.

Posisi orang terkaya ke-3 di Jerman ditempati Dieter Schawarz. Dengan kekayaan mencapai 13 miliar euro, Dieter merupakan perusahaan pesaing jaringan bisnis Aldi, Lidl dan Kaufland.

Nama lainnya yang menduduki peringkat selanjutnya adalah pendiri perusahaan software raksasa SAP, Hasso Plattner. Total kekayaannya mencapai 6,2 miliar euro. Kemudian disusul oleh pimpinan perusahaan pembuat mainan anak Playmobil, Horst Brandstaetter. Total kekayaannya mencapai 1,35 miliar euro. Di urutan berikutnya dipegang oleh mantan pembalap Formula 1, Michael Schumacher. Total kekayaannya tembus 650 juta euro.(feb/ang/detik.com)