Kedelai Impor Kuasai Pasar Pekanbaru

Rabu, 05 Maret 2014 12:43
Kedelai Impor Kuasai Pasar Pekanbaru
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Kedelai lokal sulit dijumpai di Pasar tradisional di Pekanbaru. Sedangkan kedelai impor bisa mudah dijumpai di kedai kedai sembako.
Â
Seperti yang disampaikan Awal, pemilik toko sembako di Pasar Cik Puan kepada bertuahpos.com. “Sekarang yang tersedia hanya kedelai impor, kalau yang lokal nggak jual,” ujarnya, Rabu (05/03/2014).
Â
Hal ini dikarenakan pasaran kedelai impor lebih menguntungkan dibanding kedelai lokal. Awal mengaku sulit menjual kedelai lokal, karena permintaan konsumen lebih banyak pada kedelai impor.
“Pembeli lebih suka kedelai impor, katanya kualitasnya lebih bagus,” katanya.
Â
Onchu, pemilik toko sembako di Pasar Baru Panam menuturkan hal serupa. Menurutnya kedelai yang banyak dijual di pasaran kebanyakan berasal dari Thailand dan Malaysia. “Semua kedelainya impor, dari Thailand dan Malaysia. Pembeli saya juga lebih banyak meminta kedelai yang impor,” tutur pria berpeci ini.
Â
Ia pun mengaku pernah mencoba menjual kedelai lokal, namun kurang diminati warga. Sehingga agar tidak mengalami kerugian ia beralih memasok kedelai impor.Â
Pantauan di kios pedagang di Pasar Baru Panam, memang tak banyak toko menjual kedelai lokal.  (riki)
Â