Jadi Konsumen Perumahan yang Cerdas, Ini Tipsnya!

Rabu, 05 Maret 2014 12:51
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pertumbuhan di sektor perumahan di Pekanbaru mengalami peningkatan yang cukup pesat. Para developer pun saling bersaing untuk mendapatkan hati calon konsumen. Sehingga beragam tawaran dan iming-iming, sering kali membuat bingung masyarakat.
 
Owner Bintang Property, Frans Hedira Daeli, Rabu (05/04/2014) menyarankan masyarakat yang ingin membeli rumah untuk lebih cerdas supaya terhindar dari oknum developer yang “nakal” Berikut ini tips dari pemilik perusahaan agen jual beli rumah, Frans Hedira Daeli.
 
“Pertama yang harus diperhatikan adalah legalitas perumahan yang ditawarkan. Legalitas yang dimaksud antara lain sertifikat rumah, dan izin developer yang sebagai pengembang perumahan,” ujar mantan loper koran ini.
 
Kedua adalah ukuran rumah yang ditawarkan pada brosur, harus sama dengan yang ada di lapangan. “Masyarakat yang mau beli jangan ragu untuk langsung cek ke lokasi,” katanya.
 
Ketiga adalah lokasi perumahan haruslah strategis. Baik itu akses ke jalan raya maupun ke pusat perbelanjaan dan kesehatan. “Kalau bisa, jarak jalan perumahan lebarnya minimal enam meter supaya muat saat mobil berselisih jalan,” tambahnya.
 
Yang terakhir yaitu kondisi drainase yang dibuatkan pihak pengembang. Jangan sampai setelah rumah dibeli, ternyata bermasalah pada saluran pembuangan air, sehingga bila hujan deras turun mengakibatkan banjir,” jelasnya.
 
Apabila masyarakat sudah cerdas dalam memilih perumahan yang tepat, maka akan mendorong para developer untuk saling bersaing meningkatkan mutu. “Dan pengembang akan lebih bertanggung jawab secara moral terhadap perumahan yang dijualnya,” tambahnya. (riki)