Jokowi Minta Daerah Segera Gesa Realisasi Anggaran, Syamsuar Sebut Baru 47%

Selasa, 11 Agustus 2020 18:44
Jokowi Minta Daerah Segera Gesa Realisasi Anggaran, Syamsuar Sebut Baru 47%

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada daerah agar segera merealisasikan anggaran, dalam rangka pemulihan Ekonomi masyarakat. Desakan Jokowi setidaknya bisa dilaksanakan pada triwulan III/2020.

Gubernur Riau Syamsuar mengakui, realisasi anggaran daerah memang belum sesuai dengan harapan Jokowi. Meski demikian dia mengklaim bahwa perintah itu sudah dilaksanaman. “Tapi realisasi Riau untuk saat ini baru 47%. Sejauh ini juga masih banyak provinsi yang realisasinya belum maksimal,” ungkapnya.

Advertisement

Menurut Syamsuar, catatan provinsi yang sudah berhasil dengan angka realisasi di atas 50% baru 5 provinsi. Namun dia tidak menjelaskan secara rinci provinsi mana saja. Terhadap hal ini, Syamsuar juga mengakui bahwa Riau sudah diperingati oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada saat teleconference, beberapa waktu lalu.

Diungkapkan, setiap provinsi dengan angka realisasi anggaran daerah belum mengapa 50% diminta untuk bergerak lebih cepat. “Upaya dari kami tentunya bagaimana mempercepat setiap kegiatan-kegiatan bisa segera dilaksanakan. Terutama kegitan yang berkenaan langsung stimulus ekonomi,” katanya.

Baca: Bersiap untuk ‘Window Dressing’ Ujung Tahun

“Salah satunya, bagaimana realisasi bantuan keuangan yang harus digesa. Kami sudah menyalurkan bantuan itu ke daerah, tinggal daerah, bagaimana realisasi bantuan itu bisa cepat didistribusikan kepada masyarakat,” sambung Syamsuar. (bpc2)