Inilah Keunikan Pulau Beting Aceh di Bengkalis

Senin, 29 Mei 2017 16:01

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Pulau Beting Aceh merupakan salah satu pulau kecil di Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau. Tidak banyak orang tau kalau pasir pantai Beting Aceh ini bisa berbisik, tepatnya berbunyi jika disentuh. Nuasa berwarna putih, dari setiap sudut mata memandang, yang terpantul hanyalah putihnya pasir yang mengelilingi pulau kecil indah itu.

Baru-baru ini, Pemprov Riau melalui DPMPTSP mengeluarkan izin Nomor 503/DPMPTSP/IZIN-ESDM/66, tanggal 29 maret 2017 kepada PT Logomas Utama. Perusahaan itu diberi izin seluas 5.030 hektare di kawasan perairan laut Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis. Kawasan Wisata Pulau Beting Aceh masuk dalam kawasan itu.

Kepala DPMPTSP Provinsi Riau, Evarefita mengatakan, pada awalnya Pemprov juga memiliki keinginan sama dengan masyarakat. Namun karena peralihan kewenangan dari pemerintah pusat ke Provinsi Riau, izin itu harus dikeluarkan, karena PT Lomomas Utama sudah melengkapi segala dokumen yang dipersyaratkan. 

Pulau tanpa penghuni ini kerap menarik wisatawan untuk datang kembali menikmati keindahan alam di sekitarnya. Pulau Beting Aceh menjadi salah satu pulau terluar di Indonesia, pulau kecil ini luar biasa menakjubkan. Banyak wisatawan yang datang ke pulau pasir itu berulang-ulang kali. 

Baca: Sriwijaya Air Lebarkan Sayap Bisnis ke China

Biasanya, warga setempat yang membawa wisatawan ke Beting Aceh ini akan mampir sejenak ke Pulau Babi yang bersebelahan dengan Beting Aceh. Di Pulau Babi ini juga tidak ada penduduk yang tinggal disana. Keasrian alamnya masih sangat terjaga. Hanya saja pinggir pantai pulau Babi tidak berpasir seperti di pulau Beting Aceh.

Baca: Soal Ekplorasi Pulau Beting Aceh, Murni Karena Perumahan Wewenang

Dari pantai Teluk Rhu, wisatawan bisa menyewa perahu motor warga setempat untuk mengantarkan ke Beting Aceh. Perlu waktu 45 menit bisa sampai ke Beting Aceh dari Pantai Teluk Rhu. Wisatawan bisa rasakan sedikit olahraga jantung dan cipratan air laut yang asin.

Tapi saat tiba di Beting Aceh, wisatawan tidak akan kecewa. Pulau ini luar biasa indah, pasirnya putih halus sekali. Selain menikmati keindahan Pantai Rupat, ada baiknya wisatawan juga mengunjungi salah satu destinasi wisata Pulau Rupat seperti Beting Aceh. Bisa mengambil waktu 2 atau 3 hari untuk mengunjungi semua objek wisata di Rupat Utara ini,” tutup Eduar. (bpc3)

Berita Terkini

Minggu, 31 Mei 2020 22:47

Motor Stay di Garasi, Perlukah Ganti Oli?

#OTOMOTIF

Minggu, 31 Mei 2020 22:20

Bencana Banjir Jadi Momok di Indonesia

#BENCANA

Minggu, 31 Mei 2020 22:05

Jangan Mencela Ciptaan Allah

#ISLAMPEDIA

Minggu, 31 Mei 2020 21:20

Final Piala FA, Fans Berpeluang Hadir di Stadion

#OLAHRAGA

Minggu, 31 Mei 2020 21:07

Masjid Al-Aqsa Dibuka Kembali

#ISLAMPEDIA

Minggu, 31 Mei 2020 19:48

Yuk Buat Silky Puding untuk Buka Puasa

RESEP MASAK

Minggu, 31 Mei 2020 17:33

Tabah Dalam Menghadapi Ujian Kehidupan

#ISLAMPEDIA