Ini Penjelasan Direktur HK Soal Underpass Gajah di Tol Pekanbaru-Dumai

Sabtu, 26 September 2020 11:48
Ini Penjelasan Direktur HK Soal Underpass Gajah di Tol Pekanbaru-Dumai

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU Tol Pekanbaru-Dumai diklaim sebagai tol pertama di Indonesia yang memiliki perlintasan gajah. Karena memang beberapa titik bangunan jalur bebas hambatan ini masuk dalam kawasan margasatwa perlintasan gajah.

Direktur Utama PT Hutama Karya Budi Harto mengatakan dibangunnya underpass untuk perlintasan gajah memang membuat Tol Pekanbaru-Dumai menjadi pusat perhatian dan dianggap istimewa dari kebanyakan jalan tol di Tanah Air.

Advertisement

“Total ada lima titik perlintasan gajah di sepanjang Tol Pekanbaru-Dumai,” ungkapnya. “Underpass dipersiapkan agar jalur jelajah gajah yang masuk dalam kawasan Bengkalis tidak terputus dengan keberadaan tol,” kata Budi.

Dijelaskan, keberadaan Tol Pekanbaru-Dumai tetap menjaga biodiversity Sumatra. Budi mengatakan. Untuk merancang jalur perlintasan gajah melalui underpass tersebut, Hutama Karya berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau.

Baca: Ini Target Reformasi Koperasi Tahun 2015-2019

Berdasarkan pengamatan bertuahpos.com, di lapangan underpass perlintasan gajah di tol Pekanbaru-Dumai keseluruhannya berada di seksi 4 (Kandis Utara – Duri Selatan) dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja. 

Adapun untuk di seksi 2 (Minas–Kandis Selatan) terdapat pula Jembatan Sungai Tekuana, yang kerap kali disinggahi oleh 13 gajah Sumatera karena lokasinya yang tidak jauh dari Pusat Pelatihan Gajah Minas di Kabupaten Siak. Diperkirakan underpass tol Pekanbaru-Dumai dapat dilintasi hingga seratus ekor gajah. (bpc2)

Berita Terkini

Rabu, 28 Oktober 2020 18:10

STISIP Persada Bunda Jalani Asesmen Lapangan oleh BAN PT Secara Daring

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan asesmen lapangan (AL) secara daring terhadap Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisip)…

Rabu, 28 Oktober 2020 14:46

Menghentikan Ancaman Hidrometeorologi, Cabut Izin Korporasi Perusak Hutan

#hutan #Hidrometeorologi

Rabu, 28 Oktober 2020 14:22

UMP Riau Sudah Ditetapkan

#ump #upah

Rabu, 28 Oktober 2020 14:13

Sri Mulyani: Pemda Akan Disuntik Insentif

#srimulyani #keuangan

Rabu, 28 Oktober 2020 14:01

Hati-hati Munafik Beribadah Kepada Allah

ISLAMPEDIA