Ingat Ya Isi Bensinnya Sekelas Pertamax!

Senin, 14 Oktober 2013 05:16

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Program mobil murah ramah lingkungan (low cost green car /LCGC) yang telah dimulai pemerintah mulai menunjukkan hasil. Jalanan DKI Jakarta terutama, mulai diwarnai berbagai bentuk mobil murah.

Namun ingat ya, spesifikasi bahan bakar untuk mesin mobil murah ramah ini minimal harus menggunakan pertamax atau RON 92. Bila memaksa pakai bensin premium, dalam 2 tahun mesinnya rusak.

“Kami sudah diskusikan, RON 92 itu ekuivalen dengan Pertamax. Jadi nggak bisa gunakan di bawah Pertamax. Kalau orang itu memaksakan diri, 2 tahun juga mesinnya rusak dan produsen nggak mau beri garansi,” tegas Menteri Perindustrian MS Hidayat seperti dikutip, Senin (14/10/2013).

Tetapi hingga saat ini, pemerintah belum menerbitkan aturan pelarangan penggunaan bahan bakar premium untuk mobil murah. Padahal mobil murah sudah diproduksi bahkan dijual ke masyarakat umum.

Baca: Jalin Silaturahmi, OJK Makan Siang Bareng Insan Pers Pekanbaru

“Mesti dipikirkan cara lain agar mereka tidak menggunakan bahan bakar subsidi, dari awal sudah satukan pemikiran untuk tidak gunakan bahan bakar subsidi. Dengan Menko (Hatta Rajasa) sudah bicara, sedemikian rupa harus dibuat agar pelaksanaannya bisa berjalan dan terjadi dispute. Konsekuensi pemakai LCGC kalau pakai premium mobilnya cepat rusak,” jelasnya.(detik.com)