Empat Daerah Nyatakan Siap Bertansformasi Jadi Pekan Sekawan.

Selasa, 04 November 2014 12:50
Empat Daerah Nyatakan Siap Bertansformasi Jadi Pekan Sekawan.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Beberapa daerah yang masuk dalam rencana pembangunan konsep kota baru Pekan Sekawan sudah ancang-ancang untuk mengunggulkan potensi masing-masing.

Seperti yang disampaikan Bappeda Kabupaten Kampar Azwan, Selasa (04/11/2014). Kabupaten Kampar memiliki potensi dari semua sektor. Yakni pariwisata, ekonomi, transportasi ataupun pendidikan.

Advertisement

“Sektor-sektor ini tentunya bisa jadi potensi besar untuk pengembangan wilayah kita dengan kerjasama, apalagi didukung oleh daerah-daerah lain,” katanya.

Sementara itu Kabupaten Pelalawan juga menyatakan siap bergabung dengan rancangan kota baru tersebut. “Kita berharap konsep ini benar-benar berjalan sebagaimana mestinya. Karena daerah-daerah, terutama di Pelalawan sudah menyiapkan beberapa konsep tatanan kota agar bersinergi dengan kota lain jika penerapan Pekan Sekawan ini berhasil diterapkan,” kata Syahrul Syarif, Bapeda Kabupaten Pelalawan.

Baca: Pertamina: Masyarakat Riau Peminat Premium Terbesar di Sumatera

Begitu juga Kabupaten Siak yang juga mengemukakan pendapat yang sama. Meskipun perwakilan Dinas Bina Marga Siak masih mengeluhkan soal pembangunan infrastruktur.

Dari penjelasannya Bapeda Kota Pekanbaru konsep infratruktur sudah masuk dalam rancana pembangunan pemerintah kota. Hanya saja konsep ini perlu dimatangkan agar semua pihak bisa terlibat langsung dalam proses pembangunan konsep Pekan Sekawan ini. Sofian menuturkan bahwa rencana pembangunan infrastruktur ke daerah-daerah sudah dicanangkan.

“Kongkritnya sektor jalan pembangunan ruas jalan outer Ring Road, Tebing tinggi okura maridan pemukiman padat kawasan,perbatasan, dan jembatan siak VI dan V. Sementara dibidang transportasi, pemerintah Kota Pekanbaru akan membuka jalur Trans Mentro hingga kebeberapa wilayah, yakni Buluh cina, Petapahan, Bangkinang dan daerah Sekijang,” katanya Sofian dari Bapeda Kota Pekanbaru. (melba)