Emas Batangan Antam Sudah Anjlok Rp 17 Ribu/Gram, Ini Penyebabnya

Jumat, 17 Mei 2013 12:17

BERTUAHPOS, Jakarta – Dalam sepekan ini, harga emas batangan Logam Mulia milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) sudah anjlok Rp 17 ribu/gram. Apa yang menjadi penyebab turunnya harga emas tersebut?

Kepala Unit Bisnis Logam Mulia Antam Dody Martimbang mengatakan, harga emas internasional saat ini masih terus tertekan karena penguatan dolar AS dan aksi jual paper gold para fund manager.

“Untungnya permintaan emas fisik justru meningkat di level harga yang rendah seperti sekarang ini, sehingga penurunan harga tertahan di level US$ 1.370-an/ounce,” kata Dody kepada detikFinance, Jumat (17/5/2013).

Dia mengatakan, para fund manager yang merupakan spekulator, saat ini lebih senang masuk ke bursa saham. Sedangkan para investor ‘asli’ emas yang memang sejatinya membeli emas untuk memproteksi aset mereka dari gerusan inflasi, tetap membeli emas berapapun harganya.

Baca: Pertalite Naik Lagi, Pengamat Transportasi: Pertamina Harus Transparan

“Tanpa kehadiran para fund manager di pasar emas, diprediksi ke depannya harga emas akan tetap naik terhadap mata uang utama dunia, kenaikannya akan pelan-pelan, namun justru bisa dikatakan lebih sehat atau normal dibandingkan dua-tiga tahun terakhir ini,” tutur Dody.

Khusus hari ini, harga emas batangan Logam Mulia pecahan 1 gram turun Rp 5.000/gram, dari Rp 517 ribu menjadi Rp 512 ribu. (finance.detik.com)