Dumai Difokuskan Sebagai Setra Jasa Penunjang Peternakan di Riau

Senin, 01 Maret 2021 16:39
Dumai Difokuskan Sebagai Setra Jasa Penunjang Peternakan di Riau

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kota Dumai akan dijadikan sentra untuk jasa penunjang pengembangan peternakan di Riau. Dumai dianggap begitu strategis, sebab memiliki fasilitas pelabuhan yang mumpuni, jika dibandingkan dengan daerah lain di Provinsi Riau. 

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Riau Rahmat Setiyawan mengungkapkan hal ini, Senin, 1 Maret 2021, di Pekanbaru, Riau

Advertisement

“Kota Dumai menjadi daerah yang strategis, lantaran memiliki kawasan pelabuhan dan menjadi pintu masuk arus lalu lintas perdagangan, khusus untuk jalur laut,” ungkapnya.

Dia menambahkan, Kota Dumai diplot sebagai daerah jasa penunjang peternakan mulai efektif diberlakukan pada 2020. Kebutuhan sapi untuk beberapa daerah di Riau akan didatangkan melalui pelabuhan di daerah ini.

Baca: Beli Kelapa Dicicil, Pulau Sambu Bikin Petani Menjerit

BACA JUGA:  Curahan Hati Pasien Covid-19 di Pekanbaru

Dijelaskan, untuk rencana pengembangan di daerah tersebut nantinya akan dibangun stasiun karantina ternak, rumah potong termasuk hal lain yang berkaitan dengan hilirisasi peternakan.

Dengan demikian, setiap angkutan hewan ternak dari Pulau Jawa ke Riau, akan dibawa melalui tol laut dan berlabuh di Dumai. Rencana ini juga sudah dibicarakan dalam pertemuan dengan para Kepala Dinas Peternakan Kabupaten/Kota di wilayah setempat pada akhir tahun lalu.

Seminggu yang lalu, Komisi II DPRD Dumai bersama dengan pihak Dinas Peternakan kota itu sepakat akan menurunkan Perwako sebagai landasan pijak kebijakan ini, terutama untuk penentuan lokasinya.

“Tahun 2020 kami sudah mendatangkan sapi dari Nusa Tenggara Timur menggunakan tol laut yang dibongkar di pelabuhan Dumai. Jadi beberapa lahan yang ada di sana yang dulunya merupakan aset Dinas Peternakan Provinsi Riau, sudah kita hibahkan,” kata Rahmat. (bpc2)