Djokir: Tak Mungkin Bisa Dibangun Tol Atas Laut Jakarta-Surabaya

Kamis, 24 Oktober 2013 15:45

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA -  Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto pesimistis ide Menteri BUMN Dahlan Iskan yang ingin membangun tol Jakarta-Surabaya di atas laut dapat terwujud.

Djoko menegaskan pembangunan tol sepanjang 700 km lebih itu tidaklah mudah.

Advertisement

“Menurut saya kasarnya ya kalau dari Jakarta-Surabaya di atas laut itu, itu belum mungkin FS dan lingkungannya dilakukan,” ungkap Djoko di Parkir Timur Senayan, Kamis (24/10/2013).

Menurutnya, tol sepanjang itu akan sulit dikerjakan. Berbeda dengan tol atas laut Bali.

Baca: Dunia Bisnis Indonesia Abai Dalam HAM

“Agak sulit fisiknya, lingkungannya dilakukan belum bisa. Tapi kalau model seperti di Bali itu sepotong-sepotong (tidak begitu panjang) itu bagus sekali,” papar Djoko.

Dikatakan Djoko lebih jauh, Kementerian PU tengah membenahi Trans Jawa untuk transportasi darat. Hal tersebut menurutnya lebih realistis ketimbang tol atas laut Jakarta-Surabaya.

“Menurut saya, tahap pertama itu tidak akan mungkin bisa dibangun 700 Km Jakarta-Surabaya. Ada Trans Jawa itu kan lagi dibangun itu kan bisa dikembangkan kan itu,” tutur Djoko.

Seperti diketahui, Menteri BUMN Dahlan Iskan tengah mengembangkan pembangunan proyek jalan tol di atas laut sepanjang Jakarta-Surabaya bersama 19 BUMN.

Selain tol, nanti akan dilengkapi jalur kereta cepat di jalan yang rencananya membentang sepanjang 775 Km di pesisir pantai utara (Pantura) Jawa ini.

Nantinya untuk tahap studi kelayakan hingga pengembangan, jalan tol yang diusulkan dan dikembangkan secara keroyokan oleh 19 BUMN ini siap menggandeng Kementerian Pekerjaan Umum sebagai regulator.
(dru/hen)/detik.com