Bulog Dumai Jamin Persediaan Beras 6 Bulan

Senin, 17 Maret 2014 18:40

BERTUAHPOS.COM – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Dumai, Riau menjamin persediaan cadangan beras bisa mencukupi kebutuhan masyarakat di Kota Dumai selama enam bulan ke depan.

“Stok beras tersimpan di gudang Bulog saat ini sebanyak tujuh ribu ton, kita perkirakan bisa mencukupi kebutuhan hingga 6 bulan ke depan untuk masyarakat di Dumai,” kata Kepala Bulog Dumai Tommi Despalinga di Dumai, Senin (17/03/2014).

Dalam waktu dekat, Bulog Dumai juga akan menerima tambahan cadangan beras lokal sebanyak 4.000 ton dari Kota Surabaya, Jawa Timur dan sebanyak 5.000 ton dari Sulawesi Selatan.

Tambahan pemasukan beras tersebut diyakininya akan memperkuat ketahanan pangan kebutuhan beras terutama di daerah distribusi Bulog yang meliputi tiga kabupaten/kota di Riau seperti Dumai, Bengkalis dan Rokan Hilir.

Baca: 3 Minggu Terakhir Harga Sawit Rokan Hulu Stabil

“Beras yang tersimpan di gudang Dumai akan disalurkan ke tiga daerah itu, terutama untuk cadangan pemerintah setempat dan pendistribusian melalui program beras miskin atau yang dikenal dengan sebutan raskin,” ucapnya.

Khusus untuk program raskin di Kota Dumai, lanjutnya, setiap bulan membutuhkan beras sebanyak 141 ton untuk diserahkan kepada rumah tangga sasaran (RTS) yang berhak menerimanya.

“Penyaluran raskin di Dumai sejauh ini berjalan dengan baik, sesuai kebutuhan perbulan mencapai 141 ton untuk 9.423 kepala keluarga. Kordinasi yang kita lakukan dengan pemerintah setempat, juga tidak ada persoalan,” jelasnya.

Persediaan beras tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan pencadangan beras pemerintah untuk beberapa kepentingan seperti menstabilkan harga beras di pasaran ketika terjadi gejolak.

“Penyaluran beras miskin ke beberapa daerah masih persiapan dan menunggu kesediaan pemerintah setempat. Kita siap mendistribusikan, jika semua sudah terpenuhi dan memenuhi prosedur,” ungkapnya.

Bulog Divre Riau-Kepri meminta kepada masyarakat di dua provinsi itu untuk tidak khawatir akan kesulitan mendapatkan beras mengingat stok beras di Bulog Divre Riau-Kepri saat ini masih mencukupi kebutuhan hingga enam bulan mendatang.

“Saat ini stok beras di gudang kami mencapai 23.800 ton yang diperkirakan akan mencukupi hingga Agustus 2014,” kata Kepala Bidang Pelayanan Publik Bulog Divre Riau-Kepri, Syamsudin. (antarariau)