Bukan Hanya Soal ‘Benci Produk Asing’, Sandiaga Sebut Produk Lokal Harus Masuk e-Commerce

Jumat, 05 Maret 2021 22:32
Bukan Hanya Soal ‘Benci Produk Asing’, Sandiaga Sebut Produk Lokal Harus Masuk e-Commerce

BERTUAHPOS.COM — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta pelaku usaha mikro, kecil, menengah atau UMKM di dalam negeri untuk memasarkan produk di platform e-commerce

Permintaan ini disampaikan setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebelumnya mengajak masyarakat meningkatkan kecintaan terhadap produk lokal dan menyerukan untuk membenci produk asing.

Advertisement

“Jadi produk mereka bisa dibayar dengan Q-Rish dan dapat dijual di Tokopedia, Shoppe, Bukalapak, Lazada, dan market place lainnya,” tutur Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis, Jumat, 5 Maret 2021.

Dia mengatakan produk lokal harus memperoleh dukungan dari masyarakat. 

Baca: 30 Tahun Terakhir, Perkebunan Kelapa Terus Terpuruk

Meski demikian, menurutnya, penting bagi para pelaku usaha untuk beradaptasi dari sisi teknologi sehingga ke depan UMKM dapat menjadi bagian dari ekosistem marketplace modern.

Beberapa waktu lalu, pihaknya telah mencanangkan gerakan Bangga Buatan Indonesia yang mendorong UMKM lokal beralih ke pemasaran digital atau on board

Menurut Sandiaga, UMKM bisa menjadi penggerak bagi pemulihan ekonomi.

“Saya ingin mengajak semua masyarakat bersiap-siap memulihkan kegiatan ekonomi kita. Karena pandemi ini sudah satu tahun, kita butuh kabar baik untuk masyarakat dan ekonomi negara kita,” tutur dia.

‘Bos’ Sandiaga Uno, Joko Widodo [Jokowi], sebelumnya meminta masyarakat lebih menyuarakan kampanye mencintai produk dalam negeri. 

Namun, hal itu saja tak cukup. Jokowi menyampaikan agar masyarakat menggaungkan benci barang luar negeri. Pernyataan ini kemudian mendapat tanggapan dari banyak pihak. (bpc2)