Bos AirAsia Jadi CEO Paling Inovatif di Asia

Jumat, 15 November 2013 11:26

BERTUAHPOS.COM, Bangkok – CEO AirAsia Tony Fernandes berhasil membawa pulang penghargaan `Innovator of The Year` sebagai pimpinan paling inovatif di Asia dalam ajang bergengsi yang diselenggarakan CNBC. Pasalnya, lewat maskapai penerbangan murah yang didirikannya, Fernandes turut berkontribusi membawa perubahaan yang lebih baik pada ekonomi Asia.

Seperti dikutip dari CNBC, Jumat (15/11/2013), guna membangun perusahaannya yang berbasis di Malaysia, Fernandes telah melahirkan banyak inovasi, khususnya di kawasan Asia. Selain itu, Fernandes juga dianggap sebagai pimpinan yang visioner dan luar biasa.

Advertisement

Tak hanya itu saja, pria yang selau memakai topi merah ini sebelumnya menerima penghargaan `Commander of the Order of the British Empire` yang dianugerahkan oleh Ratu Elizabeth II. Fernandes dianggap telah menjembatani lintas perdagangan dan pendidikan antara Inggris dan Malaysia.

Prestasi lain di bidang bisnis yang pernah direbut Fernandes adalah saat dia berhasil menjadi pengusaha paling kreatif sepanjang 2011. Namanya berada di urutan pertama pada daftar pengusaha kreatif yang dirilis majalah asal New York Fast Company.

Baca: BRK Inisiasi Layanan Keuangan Tanpa Kantor

Awal tahun ini, Fernandes bahkan sukses menembus daftar miliarder Forbes Asia sebagai pria paling kaya ke-21 di Malaysia.

Sementara dalam ajang tahunan bertema `CNBC Asia’s Business Leaders Awards 2013`, CEO terbaik berhasil direbut CEO Singapore Technologies (ST) Engineering Tan Pheng Hock. Pria berusia 55 tahun itu berhasil mengintegrasikan anak-anak perusahaan yang berbaung pada ST Group.

Selain itu, CEO Tata Group Ratan Tata berhasil merebut penghargaan untuk kategori `Lifetime Achievement Award` 2013. Tak heran, Tata telah memimpin rajanya perusahaan India yang telah berusia 145 tahun tersebut. Selama 20 tahun lebih, Tata berhasil membawa banyak perubahaan pada perusahaan yang bergerak di bidang akomodasi dan telekomunikasi itu.

Pemenang lainnya adalah CEO Delta Electronics Yance Hai yang meraih penghargaan untuk kategori `Talent Management` dan CEO Astro Malaysia untuk kategori `CSR of The Year`. (Sis/Ndw/liputan6.com)