Bisnis Jengkol Pun Diurus Mentri!

Kamis, 01 Maret 2018 07:35
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Karena jengkol banyak peminatnya, bisnis jengkol pun diurus menteri. Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menjelaskan jengkol itu bisa jadi potensi bisnis menguntungkan jika diolah dengan baik.
 
Dia mengatakan jengkol banyak peminatnya. Tidak hanya terkenal di kalangan masyarakat Indonesia tapi juga warga luar negeri, seperti Thailand, Singapura, Malaysia dan Myanmar.
 
“Di Thailand, jengkol itu dijadikan saus fondue, ini sebetulnya peluang bagi kita, peluang bagi UKM, UMKM,” katanya, seperti dilansir dari bisnis.com, Kamis 1 Maret 2018.
 
Dia menambahkan, Indonesia mampu memproduksi jengkol dalam jumlah banyak dan ini bisa menjadi peluang bisnis baru dan sangat potensial untuk dikembangkan,” ungkap Rudiantara.
 
Lanjutnya, hasil tanaman Tanah Air ini dalam prosesnya memang melalui rantai penjualan panjang, dari petani ke distributor dan sebagainya. Potensi itu di zaman digital ini menuntut petani juga harus cerdas melihat potensi bisnis yang besar pada jengkol.
 
“Mereka tinggal mengolahnya menjadi makanan saji yang praktis seperti keripik jengkol dan mengemasnya dengan kemasan yang lebih modern lalu dijual secara online sehingga mudah untuk dijangkau semua orang dalam mempromosikannya. (bpc3)