Bisnis Gurih Kostum Peniru Jagoan Fiksi

Jumat, 24 Januari 2014 16:53

BERTUAHPOS.COM, Jakarta – Bagi para cosplayer, kostum adalah segalanya. Bagi mereka yang punya keahlian, bisa saja membuat kostum sendiri. Namun tidak perlu repot-repot, karena saat ini sudah banyak yang menyediakan jasa pembuatan kostum untuk cosplay.

Salah satu wirausahawan yang bergerak di bidang pembuatan kostum cosplay adalah Fanny Frisliany. Perempuan berusia 23 tahun ini sudah sejak 2010 membuka usaha pembuatan kostum dengan nama Fakagi Cosplay Shop.

Advertisement

Fanny sejak dulu memang menyukai komik dan animasi Jepang. Kesukaannya ini membuatnya terjun ke pembuatan kostum.

Dalam sebulan, rata-rata Fakagi Cosplay Shop menerima 10 pesanan kostum cosplay. Dari situ, omset usaha Fanny mencapai sekitar Rp 15 juta.

Baca: Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 42% di Natal dan Tahun Baru

“Pihak yang memesan dari mana-mana. Jakarta, Medan Bandung, dan sebagainya,” kata Fanny yang berdomisili di Bandung.

Soal harga, kostum buatan Fakagi Cosplay Shop bervariasi. Untuk jaket karakter-karakter dari seri Naruto, harganya sekitar Rp 180 ribu. Sebuah kostum yang cukup rumit bisa dibanderol dengan harga jutaan rupiah.

“Misalnya karakter-karakter dari seri Final Fantasy. Itu dari mulai wig sampai sepatu. Belum lagi banyak bagian yang harus dibuat dari kulit. Harganya sekitar Rp 2 juta, sudah lengkap,” tutur Fanny.
Setiap kostum, tambah Fanny, punya tantangan tersendiri. “Memang tidak gampang membuatnya, karena harus mirip dengan gambaran asli. Misalnya ada jubah yang kerahnya tegak ke atas, agak sulit membuatnya,” sebutnya.

Menurut Fanny, bisnis pembuatan kostum cosplay memiliki prospek yang cerah. “Waktu saya buka usaha, peminatnya masih sedikit. Namun sekarang semakin banyak,” katanya.

Tantangan dalam bisnis ini, lanjut Fanny, adalah banyaknya pesaing. Untuk itu, menjaga kepercayaan konsumen menjadi sangat penting.

“Ada penjual yang menipu. Kalau kami di Bandung sudah dikenal oleh para cosplayer,” ucap Fanny.

Dari Malang, ada Nanda Kristandi dan Liem Fei yang juga membuka usaha pembuatan kostum cosplay. Fei & Nando Cosplay, begitu mereka menamakan usaha yang dimulai pada September 2013 tersebut.

“Kami suka berkreasi dan ingin menunjukkan hasilnya. Itulah yang membuat kami terjun ke bisnis ini,” kata Fei.

Fei & Nando Cosplay tidak hanya membuat kostum berbahan kain. Kostum armor pun mereka kerjakan. “Untuk armor, pernah ada pesanan full set karakter Saint Seiya,” tambah Nanda.

Soal harga, kostum di Fei & Nando Cosplay pun bervariasi. Kostum yang sederhana seperti jaket dihargai ratusan ribu rupiah, sementara armor lebih mahal. “Bisa Rp 3-4 juta,” ungkap Fei. Dalam sebulan Fei & Nando Cosplay bisa menerima sekitar 50 pesanan.

Para pemesan tidak hanya dari kota Malang dan sekitarnya, tetapi sudah menyeberang pulau. “Banyak pemesan dari Bali. Kemudian ada dari Jakarta, Makassar, atau Kalimantan,” kata Nanda.

Sejauh ini, Fei & Nando Cosplay jarang menerima keluhan dari konsumen. “Namun ada juga yang bilang ukurannya salah sedikit, umumnya untuk pesanan di luar Malang. Kalau masih di Malang bisanya konsumen datang sendiri untuk mengukur, tapi di luar kota mereka hanya mengirim data. Saat kostumnya sudah jadi ada kemungkinan terjadi kesaahan,” terang Fei.(detik.com)