Bisnis Cacing Tanah Punya Prospek Bagus

Kamis, 20 Agustus 2020 11:30
Bisnis Cacing Tanah Punya Prospek Bagus 

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Bisnis cacing tanah dianggap punya prospek yang bagus. Sebab cacing akan dipakai sebagai bahan baku obat. Dosen Fakultas Peternakan IPB University Verika Armansyah Mendrofa mengatakan itu, seperti dilansir dari kompas.com.

Dia mengungkapkan, hewan ini memiliki nilai ekonomi tinggi karena dapat dijadikan sebagai bahan baku untuk obat medis. “Bahkan, tak sedikit masyarakat yang membudidayakannya  sebagai mata pencahariannya,” ungkapnya.

Advertisement

Cacing tanah memiliki kadar protein sebesar 64-76%. Membuat harga jualnya sangat tinggi. Satu kilogram bisa dihargai Rp40.000 sampai Rp120.000 (wilayah Bogor). Bahkan, tidak hanya cacingnya yang bisa dijual, tetapi produk cacing seperti pupuk cair dan bekas cacing (kascing) juga dapat dijual.

Manfaatnya, lanjutnya, dapat digunakan sebagai pakan ternak, pangan manusia, obat-obatan, kosmetik, pengolah sampah, pengolah limbah industri, pupuk tanaman dan penyubur lahan pertanian. Dari sisi medis, cacing tanah mengandung enzim lumbrokinase yang berguna untuk menurunkan tekanan darah, ischemic dan stroke. (bpc2)

Baca: PKS Sindora Segera Beroperasi, PAD Rohil Berpotensi Bertambah