BI Sosialisasi QRIS ke Pengurus Mesjid dan Majlis Ta’lim, MUI: Bisa Dipakai Untuk Infaq

Rabu, 11 Maret 2020 11:56
BI Sosialisasi QRIS ke Pengurus Mesjid dan Majlis Ta’lim, MUI: Bisa Dipakai Untuk Infaq

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Bank Indonesia (BI) kembali melakukan sosialisasi QRIS kepada masyarakat di Pekanbaru. Hari, ini, Rabu, 11 Maret 2020, rangkaian sosialisasi QRIS menyasar para pengurus mesjid dan majlis ta’lim di Pekanbaru.

Kepala Divisi Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah (SP—PUR) BI Riau, Asral Mashuri mengatakan untuk meningkatkan jumlah penggunaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) baik dari sisi customer maupun merchant, Bank Indonesia  menggelar sosialisasi  dan simulasi  cara penggunaan QRIS ke para pedagang, UMKM dan, mahasiswa dan masyarakat.

Advertisement

“Banyak yang bisa didapatkan oleh customer dan merchant dengan menggunakan QRIS, karena QRIS itu unggul,” katanya.

Sekjen MUI Zulhusni Domo, meyambut baik adanya sosialisasi QR Code Indonesian Standard (QRIS) yang dilakukan oleh BI Riau pada hari ini. Dia berharap dengan adanya ini akan memudahkan pengurus masjid dalam mengumpulkan infaq dan shadaqah.

Baca: Bisnis Hotel di Pekanbaru Rugi Puluhan Juta Karena Pemadaman Listrik Bergilir

“Bisa dimanfaatkan untuk infaq. Terkait hukum katanya tidak ada masalah, karena ini hanya aplikasi yang tujuannya memudahkan saja,” kata Domo.

Untuk diketahui, QRIS memiliki beberapa keunggulan. Pertama, QRIS itu Universal atau inklusif sehingga dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Kemudian menggunakan QRIS itu GampanG, karena transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan aman dalam satu genggaman.

“Selanjutnya, menggunakan QRIS itu Untung, karena satu QR code dapat digunakan oleh semua aplikasi. Yang terakhir, penggunaan QRIS secara Langsung membuat transaksi menjadi cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran,” papar Asral.

Untuk customer, QRIS merupakan salah satu alternatif kanal pembayaran kekinian yang dapat mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan.

Selain itu, cukup install atau punya minimal satu aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik atau mobile banking milik salah satu PJSP, customer bisa melakukan transaksi pembayaran melalui scan QRIS yang dikeluarkan oleh PJSP terdaftar mana saja.

Dia mengatakan di Riau, PQN diawali dengan pra iven, mulai tanggal 2-8 Maret 2020 berupa sosialisasi QRIS melalui Talkshow di tv dan radio lokal.

Pada 9-13 Maret 2020 akan dilakukan Sosialisasi dan Edukasi QRIS di Al Ihsan Boarding School Riau, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Pasar Wisata Pasar Bawah, Mall SKA dan Pengurus Masjid se-Pekanbaru.

Adapun acara puncak akan dilaksanakan iven Fun Walk QRIS pada tanggal 15 Maret 2020 yang akan di pusatkan di area car free day, samping Pustaka Wilayah Soeman HS, Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru.

Iven utama yang dimulai pukul 06.00 s.d 09.00 WIB ini melibatkan seluruh staksholders, pemerintah daerah, anggota dewan, perbankan, masyarakat, pelaku UMKM.

Fun Walk akan dihibur live performance yang menghadirkan penyanyi Indahkus dan MC sekaligus instruktur senam ternama, Maria Vania.

BI menyiapkan t-shirt yang akan dibagikan gratis untuk 1.500 peserta. Peserta juga berkesempatan meminum secangkir kopi dengan harga hanya Rp1. (bpc3)