BI Pastikan Kondisi Ketenagakerjaan Tahun Ini Tertekan Parah

Sabtu, 30 Mei 2020 06:02
BI Pastikan Kondisi Ketenagakerjaan Tahun Ini Tertekan Parah

BERTUAHPOS.COM — Bank Indonesia (BI) memastikan kondisi perkembangan ketenagakerjaan di Indonesia tahun ini akan mengalami tekanan besar akibat COVID-19

Bagaimana tidak, PSBB untuk menahan laju penyebaran COVID-19 di beberapa daerah sangat berdampak terhadap turunnya aktivitas produksi dan investasi. Akibatnya permintaan terhadap tenaga kerja juga menurun.

Hal ini dijelaskan BI dalam Laporan Kebijakan Moneter Kuartal I/2020, Jumat, 29 Mei 2020. “Hal tersebut tercermin pada penurunan indeks¬†job vacancy¬†secara signifikan pada April 2020,” tulis BI dalam laporannya

Selain itu, COVID-19 juga memberi pengaruh terhadap menurunnya tingkat optimisme konsumen dan penggiat usaha di Tanah Air. Keyakinan atas kegiatan usaha dan ekspektasi ketersediaan lapangan kerja yang turun signifikan pada April 2020.

Baca: Rakernas I IMA Telah Berakhir dan Diawali Pembukaan Oleh Gubri

Hal ini mengindikasikan tekanan pada kondisi ketenagakerjaan di Indonesia pada 2020. BI melihat kondisi ketenagakerjaan di Indonesia cukup baik sebelum merebaknya pandemi COVID-19.

Data BPS mencatat, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tercatat sebesar 4,99 persen pada Februari 2020, stabil dibandingkan dengan angka periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 5,01 persen.

Perkembangan ini dipengaruhi penurunan tingkat pengangguran di wilayah perkotaan yang menahan dampak peningkatan pengangguran di pedesaan. Pada Februari 2020, TPT perkotaan menurun menjadi 6,15 persen dari 6,30 persen pada Februari 2019. (bpc3)