Antisipasi Lonjakan Trafick, Telkomsel Siagakan 7.250 BTS

Sabtu, 21 Juni 2014 09:48

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Menghadapi bulan Ramadhan, Telkomsel Regional Sumbagteng telah mempersiapkan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan traffic. Persiapan tersebut telah dilakukan secara simultan setiap tahun seiring trend kenaikan layanan telepon, pesan singkat, dan juga layanan data.

General Manager ICT Operation Region Sumbagteng, Ahmad Wahyudi, Sabtu (21/6/2014) menyebutkan, jumlah BTS Telkomsel yang ada di wilayah Sumbagteng mencapai 7250-an yang terdiri dari BTS 2G dan 3G.

Advertisement

“Telkomsel optimis mampu melayani perkiraan lonjakan yang akan  terjadi, baik voice, SMS, maupun penggunaan layanan data. Dalam perkembangan tahunan, selalu saja terjadi kenaikan traffic pada setiap Ramadhan. Dan tahun ini Telkomsel secara khusus melakukan antisipasi lonjakan tersebut dengan peningkatan jaringannya yang telah dipersiapkan sebelum Ramadhan,” jelasnya.

Dari data yang dimiliki Telkomsel, pada Ramadhan 2013 lalu lonjakan untuk layanan telepon meningkat 10 persen, kenaikan SMS mencapai 20 persen, dan layanan data 30 persen. Berdasarkan data itu, Telkomsel telah meningkatkan layanan yang bisa melayani lonjakan hingga 20 persen untuk layanan voice dan 50 persen untuk layanan SMS.

Baca: Harga Murah dan Berkualitas Jadi Alasan Pemburu Baju Second

Khusus untuk layanan data, Telkomsel telah mengantisipasi kenaikan lonjakan hingga 60 persen.  Perkiraan kenaikan lonjakan data ini seiring dengan pertambahan jumlah pelanggan yang memanfaatkan layanan tersebut, khususnya untuk media social  seperti Facebook, Twitter, Instagram dan program messenger seperti BBM, WhatsApp, WeChat dan lain sebagainya.

“Sebagian masyarakat saat ini sudah tidak lagi  menggunakan SMS untuk mengirim pesan.  Pelanggan kemungkinan lebih banyak menggunakan messenger dan jejaring social untuk mengucapkan “selamat berpuasa” maupun “selamat berbuka puasa” selama Ramadhan,” terangnya lagi.

Selain pada jaringan, Telkomsel juga telah mempersiapkan layanan ketersediaan produk, khususnya untuk pengisian pulsa. Berdasarkan data yang dimiliki Telkomsel, terjadi peningkatan pengisian pula selama Ramadhan hingga mencapai 62 persen. Sebab itu, Telkomsel telah menyiapkan kebutuhan layanan produk tersebut dan saat ini telah disebar ke berbagai daerah.

Tekomsel juga telah menyediakan program promo tarif dari setiap produk prabayar maupun pascabayar yang menguntungkan pelanggan.  Hal ini juga sudah diantisipasi dengan peningkatan kualitas layanan demi kenyamanan pelanggan. (*)

Berita Terkini

Kamis, 21 Januari 2021 17:32

2 UU yang Paling Banyak Digugat ke MK

#uu #UUCiptaker #UUCorona #MK

Kamis, 21 Januari 2021 16:30

Fahri Hamzah Sebut 400 Ribu Warga AS Korban Covid-19 Dampak Terbelahnya Sosial dan Politik

#FahriHamzah #joebiden #corona

Kamis, 21 Januari 2021 15:32

Covid-19 Buat Negara Rugi Hingga Rp1.000 Triliun 

#covid-19 #pandemi #nasional #finance

Kamis, 21 Januari 2021 14:31

Jokowi Beri Sinyal Vaksin Mandiri Masyarakat

#kesehatan #VaksinMandiri #Jokowi

Kamis, 21 Januari 2021 12:30

Biden Ogah Ikut Campur Soal Pemakzulan Trump

#JoeBiden #DonaldTrump #pemakzulan