9 Profesi Eksekutif Paling Dicari di 2014

Selasa, 07 Januari 2014 11:32

BERTUAHPOS.COM, LONDON – Perusahaan pencari tenaga kerja eksekutif global CTPartners, asal New York, merilis laporan yang menyebutkan terdapat sejumlah pekerjaan yang paling dicari sejumlah perusahaan sepanjang 2014.

Perusahaan tersebut juga melaporkan, banyak industri yang akan mencari eksekutif berbakat dan berpengalaman untuk mengisi beberapa posisi strategis di perusahaan-perusahaan global.

“Dampak teknologi terasa lebih besar dari sebelumnya. Akibatnya beberapa pekerjaan menjadi sangat dibutuhkan termasuk di bidang sumber daya manusia dan jaminan kesehatan,” ungkap CEO CTPartners Brian Sullivan seperti dikutip dari CNN.com, Senin (6/1/2014) kemarin.

Berdasarkan survei tahunan ke-18 yang diselenggarakannya, perkembangan teknologi juga menambah pekerjaan perusahaan hingga perlu merekrut lebih banyak pegawai eksekutif. Hasilnya, berikut sembilan profesi eksekutif yang paling banyak diincar di 2014:

Baca: Harmonisasi RTRW Riau Selesai, Sekda: Besok Penyelesaian Administrasi

1. Manajer bagian informasi

Pekerjaan ini tampaknya sudah lama tersedia, tapi saat ini peran tersebut menjadi jauh lebih penting bagi sejumlah perusahaan.

Pentingnya pengolahan data, perangkat mobile dan digital serta analisa kinerja perusahaan membuat profesi ini menjadi sangat krusial.

2. Manajer bagian pemasaran

Peranan manajer di bagian pemasaran terus meningkat seiring dengan kebutuhan perusahaan untuk mempromosikan produknya.

Itu karena proses pemasaran produk sangat menentukan pendapatan dan pertumbuhan perusahaan. Para manajer pemasaran yang dibutuhkan saat ini adalah mereka yang mampu mengembangkan model bisnis baru.

3. Manajer bidang keamanan virtual

Melindungi aset digital perusahaan menjadi kian penting dan tentu saja sulit. Saat ini, kemampuan untuk melindungi data konsumen tetap terjaga dengan aman menjadi prioritas perusahaan.

4. Kepala divisi perdagangan online

Dalam bidang pejualan maupun bisnis lain, perdagangan online telah menjadi cara baru yang menjembatani penjual dan pembeli.

Hal ini mengingat sebagian besar masyarakat sangat bergantung pada smartphone dan tablet. Dengan berbagai aplikasi canggih dan baru, para pegawai yang memahami sikap dan kebutuhan pengguna alat komunikasi digital sangat dibutuhkan.

5. Direktur kepatuhan bank

Mengingat sejumlah bank dan perusahaan keuangan besar tengah bergulat dengan regulasi pemerintah yang semakin ketat.

Industri perbankan memerlukan direktur kepatuhan yang dapat mengatasi dan memastikan seluruh peraturan pemerintah dipatuhi perusahaan.

6. Direktur keuangan

Di China, kenaikan biaya dan potensi yang bervariasi telah membuat China menjadi pasar yang menarik. Maka kebutuhan peran direktur keuangan yang emmahami dan mampu mengelola keuntungan dalam jumlah besar terus meningkat. Peran direktur keuangan sangat dibutuhkan di Negeri Tirai Bambu tersebut.

7. Manajer asuransi digital

Industri asuransi semakin berkembang dari masa ke masa. Saat ini, para penyedia dan pemegang asuransi mulai ramai-ramai melakukan transaksi secara online.

Maka dibutuhkan seorang manajer yang mampu mengelola informasi yang tersedia secara online termasuk analisa harga dan risiko produk asuransi lainnya.

8. Manajer di bidang strategi

Saat ini persaingan antar perusahaan dengan produk yang sama semakin ketat. Untuk itu dibutuhkan seseorang yang mampu menahan perusahaan dari pusaran persaingan yang menermanya.

Tentu saja, manajer di bidang strategi akan sangat membantu menjaga dan meningkatkan kinerja perusahaan.

9. Manajer sumber daya manusia (HRD)

Tahun ini pekerjaan sebagai manajer HRD akan sangat dibutuhkan banyak perusahaan. Saat ini manajer HRD dituntut untuk lebih jeli dalam merekrut orang lain guna memasuki persaingan pasar yang lebih kompetitif. (liputan6.com)