5 Negara dengan Ekonomi Terparah di 2013 Versi IMF, RI Ada Nggak Ya?

Senin, 23 Desember 2013 15:12

BERTUAHPOS.COM – Lembaga moneter internasional yaitu IMF (International Monetary Fund) membuat peringkat 5 negara dengan perekonomian terparah di dunia tahun ini. Apakah Indonesia masuk salah satunya?

Seperti dilansir dari CNN, Senin (23/12/2013), setidaknya ada satu penyebab utama kenapa negara ini dikategorikan sebagai yang terparah perekonomiannya.

Mau tahu negara mana saja dan apa alasannya? Berikut daftarnya.
1. Republik Afrika Tengah
Penyebab negara ini masuk daftar negara dengan ekonomi terparah di dunia adalah karena pertumbuhan ekonominya minus 14,5% tahun ini. Perang saudara menjadi penyebab utama parahnya perekonomian negara ini.

Kudeta terus menerus melanda negara tersebut, sehingga perekonomian tidak pernah stabil. Korupsi juga membuat ekonomi negara ini terpuruk. Padahal Republik Afrika Tengah ini kaya emas, berlian, dan uranium. Meski minus, IMF memprediksi tahun depan ekonomi negara ini akan stabil.

Baca: Geliat Olshop Pekanbaru Tak Begitu Terasa untuk Tiki

2. Malawi
Penyebab Malawi masuk sebagai negara dengan ekonomi terparah di 2013 adalah karena pendapatan per kapita negara ini hanya US$ 215,22. Hampir setengah dari masyarakat di negara ini hidup dengan uang kurang dari US$ 1 atau Rp 10.000 per hari. Ketahanan pangan menjadi tantangan utama negara yang berada di Selatan Afrika ini.

Nilai mata uang Malawi yang sangat rendah, membuat negara ini kesulitan mengimpor barang-barang penting seperti bahan bakar dan pengobatan. Sehingga ekonomi sulit bertumbuh. IMF memperkirakan ekonomi Malawi tumbuh 5% di tahun ini, namun negara ini masih menjadi salah satu negara termiskin di dunia.

3. Iran
IMF memasukan Iran sebagai negara dengan ekonomi terparah tahun ini karena inflasinya diperkirakan mencapai 42,3% di tahun ini. Iran sempat diberikan sanksi oleh AS selama 2 tahun karena masalah nuklir.

Iran diisolasi dan nilai mata uangnya turun sangat dalam sehingga inflasi naik tajam.

4. Republik Macedonia
Di negara ini, tingkat pengangguran mencapai 30,02%. Faktor ini yang menjadi penyebab IMF memasukannya ke dalam negara dengan ekonomi terparah di tahun ini.

IMF memprediksi sepertiga pekerja di negara ini akan menjadi pengangguran pada tahun ini. Industri unggulan di negara ini adalah agrikultur, tekstil, dan otomotif.

5. Jepang
Jepang masuk sebagai negara dengan ekonomi terparah tahun ini karena persentase utang terhadap PDB-nya mencapai 244%. Persentase utang terhadap PDB ini bisa dibilang yang tertinggi di dunia. Karena AS itu persentasenya 105%, dan Yunani 175%.

Negara ini mengimplementasikan program ambisiusnya tahun ini, yaitu anggaran infrastruktur yang jor-joran.

(detik.com)