4G Datang, 3G Tak Akan Tersingkir

Senin, 17 Februari 2014 18:00
BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – tengah persiapan yang dilakukan pemerintah terkait regulasi teknologi 4G atau Long Term Evolution (LTE), teknologi 3G tidak akan tersisihkan. Untuk lima tahun ke depan, teknologi 3G tetap berperan penting dalam mendorong penetrasi broadband pada berbagai wilayah di Indonesia.


Pandangan tersebut diutarakan oleh perwakilan perusahan teknologi Ericsson, di Jakarta, Rabu (12/2). Mereka adalah Sam Saba, Presiden Direktur Ericsson Indonesia, Arun Bansal, Head of Region South East Asia and Oceania, dan Peter Heuman, Deputy Head of Business Unit Support Solution Ericsson AB.

“3G tetap akan berperan signifikan dalam mendorong konsumsi data bagi para pengguna smartphone di wilayah lebih luas sementara 4G akan mendorong konsumsi data lebih tinggi tapi bertahap. Keduanya bakal saling melengkapi,” kata Saba.

Dia menjelaskan bahwa perkembangan 4G di Indonesia diperkirakan tidak diberlakukan secara menyeluruh dan serentak, tetapi menggunakan kawasan bisnis di kota besar sebagai percontohan.

Dengan infrastruktur yang saat ini dimiliki Indonesia, Saba mengaku optimistis bahwa bisnis layanan yang infrastruktur internet atau Over the Top (OTT) tetap bisa tumbuh subur dan dinikmati oleh operator telekomunikasi. Tidak hanya layanan percakapan maupun media sosial, koneksi 3G sebetulnya masih mencukupi untuk layanan Internet Protocol Television (IPTV) dengan kualitas yang masuk akal. (kc)

Baca: Awal Desember Harga TBS Turun