Inilah Momentum Pertama Kali Tari Persembahan Riau Ditampilkan

Minggu, 10 Januari 2021 07:30
Inilah Momentum Pertama Kali Tari Persembahan Riau Ditampilkan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Tari Persembahan Riau, awalnya bernama Tari Makan Sirih. Tari ini pertama kali ditampilkan pada saat Kongres Pemuda, Pelajar, dan Mahasiswa Riau di Pekanbaru, begitu kata OK Nizami Jamil, budayawan Riau sekaligus pencipta Tari Persembahan itu.

Kepada Bertuahpos.com, dalam sebuah wawancara, OK Nizami Jamil mengatakan tari persembahan ini diciptakannya pada tahun 1957. Saat itu, dia masih berada di bangku SMA. 

Advertisement

Saat itu, akan diadakan Kongres Pemuda, Pelajar, dan Mahasiswa Riau di Pekanbaru, yang diikuti ikatan pelajar dan mahasiswa Riau dari seluruh Indonesia. Namun, ternyata tidak ada sebuah tarian untuk menyambut tamu.

OK kemudian menciptakan sebuah tarian bersama rekannya, Johan Syarifuddin untuk dipersembahkan ke tamu kehormatan saat pembukaan Kongres Pemuda, Pelajar, dan Mahasiswa Riau tersebut. Tari tersebut awalnya diberi nama “Tari Makan Sirih”.

Baca: Apa Masjid Berkubah Pertama di Indonesia?

“Jadi khusus waktu acara itu, ada tarian. Itulah Tari Persembahan, yang saat itu namanya Tari Makan Sirih, dengan lagu pengiring makan sirih,” ujar OK.

Tanggal 17 Oktober 1957, tari makan sirih pertama kali ditampilkan di Gedung SMA Setia Dharma Pekanbaru, dalam pembukaan Kongres Pemuda, Pelajar, dan Mahasiswa Riau.

Tari Makan Sirih ini kemudian terus dikembangkan, dan terjadi perubahan namanya menjadi Tari Persembahan. Hingga kini, Tari Persembahan terus ditampilkan sebagai tanda penghormatan dan selamat datang kepada tetamu di Riau. (bpc2)

Berita Terkini

Minggu, 17 Januari 2021 18:30

Menelaah Potensi Saham Otomotif 2021

#saham #otomotif

Minggu, 17 Januari 2021 16:34

Begini Kondisi Indeks Pembangunan Manusia Riau di Tahun Pandemi

#IPM #ruau #covid

Minggu, 17 Januari 2021 15:33

DKP Riau Akui Illegal Fishing Masih Hantui Perairan Rohil

#IllegalFishing #hukum #Laut #perikanan

Minggu, 17 Januari 2021 14:30

Cara Ustman Bin Affan Bersikap Dermawan

#UstmanBinAffan #Islampedia

Minggu, 17 Januari 2021 13:30

Paspor Jepang Terkuat di Dunia 2021, Kok Bisa?

#travelling #paspor #jepang

Minggu, 17 Januari 2021 12:32

Ekonomi Sulit, Protes Meletus, Warga Tunisia Marah

#Protes #tunisia #internasional