Tuntut Pengusutan Pelecehan Seksual, Mahasiswa FISIP Lakukan Aksi Demo di Rektorat Unri

Jumat, 05 November 2021 15:08
Tuntut Pengusutan Pelecehan Seksual, Mahasiswa FISIP Lakukan Aksi Demo di Rektorat Unri

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ratusan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Universitas Riau (Unri) melakukan aksi demo di Rektorat Unri, Jumat 5 November 2021.

Aksi mahasiswa dimulai pukul 14.30 WIB, diawali dengan long march dari gedung FISIP ke gedung Rektorat Unri.

Sesampainya di rektorat, massa mahasiswa mulai menyampaikan aspirasinya, terkait penuntasan kasus pelecehan seksual yang diduga dilakukan Dekan FISIP, Syafri Harto.

Baca: Bupati Alfedri Bersama Kapolres Siak Lepas Pasukan Pendistribusian Bansos Serentak TNI-Polri di Kecamatan Tualang

Hingga berita ini diturunkan, aksi massa masih berlangsung. Sementara, dari informasi yang dirangkum bertuahpos.com, Rektor Unri Aras Mulyadi dan jajaran tengah melakukan rapat senat terkait masalah pelecehan seksual ini.

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial instagram @komahi_ur. Dalam unggahan terbaru, ada seorang mahasiswa jurusan Hubungan Internasional (HI) yang mengaku dilecehkan Syafri Harto.

Mahasiswi tersebut mengaku kejadian ini terjadi pada tanggal 27 Oktober 2021 lalu. Saat itu, mahasiswi ini tengah melakukan bimbingan akademis untuk keperluan menyelesaikan skripsinya.

“Saya ingin menemui bapak SH untuk melakukan bimbingan skripsi, saya melakukan bimbingan di ruangan Dekan Fisip UNRI dan hanya berdua saja. Bapak SH mengawali bimbingan yang menyinggung kehidupan personal saya. Namun beberapa kali pak SH mengerluarkan kata-kata yang membuat saya tidak nyaman seperti i love you yang membuat saya terkejut,” ujar mahasiswi tersebut.

Setelah bimbingan akademis selesai, mahasiswi tersebut ingin pamit. Namun, dekan FISIP lantas melakukan pelecehan seksual secara fisik.

“Setelah bimbingan proposal, saya hendak berpamitan dan menyalim, beliau menekan bahu saya dan mendekatkan tubuhnya serta kemudian memegang kepala saya dan mencium pipi kiri dan kening saya. Saya sangat ketakutan dan menundukkan kepala. Tapi bapak SH malah mendongakkan kepala saya dan berusaha mencium bibir saya. Saya sangat terkejut dan merasa terhina,” kata korban sambil menangis.

Korban kemudian berhasil melepaskan diri dari pelaku dan pulang. ia mengatakan ia masih merasakan trauma atas kejadian tersebut.

Dekan FISIP Unri, Syafri Harto saat dikonfirmasi bertuahpos.com di kantornya ternyata sedang tak berada di tempat.

Kemudian, bertuahpos.com mencoba menghubungi nomor ponselnya, namun tak dijawab. Pesan singkat yang dikirimkan juga belum dibalas. (bpc4)

Berita Terkini

Sabtu, 27 November 2021 05:32

Menang Lawan Myanmar, Tae-Yong: Kepercayaan Diri Pemain Naik

Meski menilai masih banyak kekurangan pasca menang 4-1 melawan Myanmar pada Kamis malam, pelatih Shin Tae-yong menilai kepercayaan diri pemain timnas mulai meningkat.

Sabtu, 27 November 2021 05:00

Catatan Sejarah 27 November: Hari Lahir Abraham Samad, Ketua KPK ke-4

Selama menjabat sebagai Ketua KPK RI ke-4 2011-2015, Abraham Samad mengklaim telah memyelamatkan uang negara dengan nilai triliunan rupiah.

Jumat, 26 November 2021 20:04

Syamsuar: Jamkrida Kerjanya Jangan Monoton

BUMD dorong untuk meniingkatkan dividen

Jumat, 26 November 2021 19:18

APBD Lelet Pembangunan Seret

OPINI

Jumat, 26 November 2021 16:10

Sederet Pebisnis ‘Raksasa’ Incar Ibu Kota Negara Baru

Para pengembang menyatakan kepastian untuk melakukan investasi di Tanah Borneo.

Jumat, 26 November 2021 15:30

Erick Thohir Sebut BUMN Buka Peluang Kerjasama dengan Riau

Peluang kerjasama selalu terbuka untuk daerah.

Jumat, 26 November 2021 15:25

Temui Anggota DPR RI dan Kepala Balai Pengelola Transportasi, Wabup Meranti Minta Akses Transportasi Terkoneksi ke Provinsi

Dari 12 Kabupaten Kota di Riau, hanya Meranti yang belum selesai akses transportasi darat untuk menuju ke ibu kota Provinsi (Pekanbaru)

Jumat, 26 November 2021 15:09

Menang Besar Lawan Myanmar, Pemain Timnas Jangan Jumawa

Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan atau Iwan Bule meminta pemain timnas jangan merasa puas ataupun jumawa dengan kemenangan 4-1 atas Myanmar, Kamis malam tadi.

Jumat, 26 November 2021 15:01

Ketua PAEI Riau Minta Pemerintah Tegas Jalankan Aturan Terkait Larangan Mudik Saat Nataru 2022

Riau harus berkaca dari pengalaman di tahun lalu