Tips Memilih Jenis Ban Motor yang Cocok untuk Aktivitas Harian

Senin, 03 Januari 2022 11:02
Tips Memilih Jenis Ban Motor yang Cocok untuk Aktivitas Harian
Tips Memilih Jenis Ban Sepeda Motor

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Ban menjadi komponen penting bagi sepeda motor. Untuk kita yang biasa dengan aktivitas harian yang cukup padat menggunakan sepeda motor, tentulah kondisi ban harus selalu diperhatikan.

Memilih jenis ban sepeda motor yang tepat memang tidak mudah. Jika salah pilih tentu sangat berisiko bagi kita sebagai pengendara. Salah pilih ban, juga akan membuat sepeda motor kita malah jadi boros.

Nah, berikut ini tips memilih jenis ban motor yang cocok untuk aktivitas harian kita, simak penjelasanya berikut ini;

Pilih Ban Kering dan Basah

Baca: Yuk Cobain Beragam Menu dari Parade Asam Pedas Pesonna Hotel Pekanbaru

Jenis ban motor ini sangat cocok Anda gunakan pada jalan kering maupun basah. Biasanya memiliki ciri alur yang tidak terlalu banyak namun traksinya sangat bagus.

Jenis ban ini memang sangat banyak tersebar di Indonesia karena iklimnya yang tropis. Anda bisa membedakannya dari spesifikasi yang tertera pada ban tersebut. Karena biasanya pabrikan memberikan tulisan dry atau wet dry.

Pilihlah Ban Sesuai dengan Ukuran Velg

Selanjutnya adalah memilih ban sesuai dengan ukuran velg motor yang Anda gunakan. Jika memang Anda ingin menggunakan velg atau ban yang berukuran besar maka harus terstandarkan dengan motor Anda.

Sebaiknya jenis ban motor yang dipilih tidak lebih dari dua inci karena pada umumnya pabrikannya memberikan toleransi perubahan ukuran besar. Ukuran standar ban adalah 70/90, 80/90 atau 80/90 dan 90/90.

Cek Tahun Pembuatan Ban

Selanjutnya adalah mengecek tahun pembuatan ban tersebut. Anda bisa melihat kode pada ban yakni semisal 1014 maka kode tersebut menunjukkan minggu ke 10 dengan tahun 14. Hal ini untuk menyesuaikan kualitas juga keawetan ban tersebut.

Pilihlah Ban dengan Permukaan telapak yang Sedang

Ketika Anda memilih ban motor maka pilihlah ban dengan jenis tapak menengah atau sedang. Hal ini agar ban tidak menyedot tenaga mesin secara berlebihan sehingga menjadikan motor lebih lincah dalam bermanuver.

Jenis ban motor ini bidang yang bergesekan dengan permukaan jalan akan relatif sedikit. Sehingga lebih irit bahan bakar. Ban tipe tersebut memang lebih lincah namun dengan telapak kecil akan mengakibatkan terpeleset dan rentan pecah.

Jika Anda kesulitan mendapatkan ban yang telapak sedang, maka dapat mengikuti standar motornya saja agar tidak boros dan lebih stabil.

Menentukan Jenis Ban dari Medan yang Sering Dilalui

Hal ini tentu mengutamakan tujuan penggunaan. Kondisi jalan yang Anda lalui bisa menjadi pertimbangan utama. Apabila Anda lebih banyak penggunaan dalam kota maka jalanan relatif kering sehingga anda bisa memilih ban kering.

Apabila Anda memiliki medan pegunungan dengan curah hujan yang tinggi maka sebaiknya memilih ban dual purpose atau untuk jalanan basah. Selain itu juga memilih jenis ban motor dengan menyesuaikan budget yang Anda punya. (bpc2/hr-online.)

Berita Terkini

Sabtu, 29 Januari 2022 07:18

Khawatir Muncul Stigma Buruk, PBNU Minta Kepala BNPT Buka Identitas Pesantren Terafiliasi Kelompok Teroris Hingga Simpatisan ISIS

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendesak BNPT membuka identitas 198 pondok pesantren yang diduga terafiliasi kelompok teroris

Sabtu, 29 Januari 2022 06:10

Arini Subianto Janda Terkaya di Indonesia, Ini Sumber Kekayaannya

Arini Saraswati Subianto merupakan satu di antara perempuan terkaya di Indonesia. Harta kekayaan mencapai triliunan Rupiah

Sabtu, 29 Januari 2022 04:09

A Sampai Z Dayana Kazakhstan, Selebgram Dadakan Hingga Diserang Haters dan Akun IG Mendadak Lenyap Saat Kerusuhan Berdarah

Dayana Kazakhstan tersandung masalah. Gadis cantik Kazakhstan itu diserang haters hingga berbuntut gerakan unfollow

Sabtu, 29 Januari 2022 03:32

Andika Kangen Band Kompak Bersama Anaknya, Netizen: Dia Mungkin Gagal Jadi Suami, Tetapi Tidak Gagal Sebagai Ayah

Andika Mahesa mengunggah momen kebersamaan dirinya dengan anak perempuannya, Kirana

Sabtu, 29 Januari 2022 02:07

Wacana Efisiensi Tenaga Honorer, BKD Sebuat Tergantung OPD Masing-masing

Tenaga honorer di pemerintahaan dihapuskan. Ini masih sebatas rencana. Realisasinya di tahun 2023.

Sabtu, 29 Januari 2022 01:02

Punya Budget Rp3 Jutaan, Ini Daftar HP Samsung yang Dilengkapi Fitur NFC

HP Samsung dilengkapi fitur NFC muncul di berbagai segmen. Mulai entry level hingga flagship.

Sabtu, 29 Januari 2022 00:03

HIPMI Minta Pemerintah Kendalikan Impor Baja di Tengah Industri Domestik Perbaiki Kinerja

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) minta pemerintah kendalikan laju impor baja, serta mempertegas kebijakan terkait itu.

Jumat, 28 Januari 2022 23:31

Seorang Lansia di Jepang Tembak 2 Orang Petugas Medis yang Disandera, Begini Kronologinya

Dua dari tiga orang sandera yang merupakan petugas medis tewas. Ketiganya menjadi sandera oleh seorang pria lanjut usia (lansia) di Kota Fujimino

Jumat, 28 Januari 2022 21:55

Pengusaha dari Bali Laporkan Istri ke Polisi, Dugaan Selingkuh Dengan Pria Lain di Medan

seorang pengusaha dari Bali membuat laporan ke Polrestabes Medan, Sumatera Utara (Sumut). Pengusaha itu melaporkan istrinya sendiri