Tahun 2021, Ada 1,621 Bantuan Rumah Layak Huni untuk Masyarakat Riau

Senin, 12 Juli 2021 14:53
Tahun 2021, Ada 1,621 Bantuan Rumah Layak Huni untuk Masyarakat Riau

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ketua Komisi IV DPRD Riau, Parisman Ihwan mengatakan ada 1,621 unit bantuan rumah layak huni untuk masyarakat.

Ditegaskan Parisman, bantuan ini adalah bantuan rumah baru, dan bukan merehab yang sudah ada.

“Dari hasil pertemuan dengan Sekdaprov Riau, tidak ada masalah. Tahun ini tetap terlaksana di tahun 2021 sebanyak 1,621 unit rumah layak huni,” kata Parisman, Senin 12 Juli 2021.

“Bukan rumah rehab, tapi harus rumah layak huni, sesuai anggaran yang telah kita sediakan,” tambah dia.

Baca: Puri Harmony, Hunian Asri dengan Areal Perbukitan di Tengah Kota Pekanbaru

Menurut Parisman, bantuan rumah layak huni ini tersebar di 12 kabupaten/kota. Anggaran untuk setiap rumah berbeda untuk setiap daerah, berkisar dari Rp60 hingga Rp70 juta.

BACA JUGA:  GubriĀ IngatkanĀ Daerah Jangan Coba-coba Ambil Kebijakan Lockdown

“Kalau rehab, itu mungkin Rp20 juta. Tapi kalau rumah layak huni, jadi pembangunan total. Anggarannya bervariasi, ada Rp60 juta, Rp65 juta, Rp70 juta, tergantung daerah. Di Indragiri Hilir Rp70 juta,” tambah dia.

Bervariasinya anggaran ini, kata Parisman, disebabkan berbedanya jarak dan lokasi pembangunan. Kemudian, adanya perbedaan harga bahan di setiap daerah.

“Verifikasi sudah selesai, orang-orang yang layak menerima sudah ada, sudah terdaftar, verifikasi sudah dilakukan, sudah survei ke titik-titik yang telah ditentukan. Dan memang, (rumah penerima bantuan) sudah layak diganti dari rumah tak layak huni menjadi rumah layak huni,” pungkas dia. (bpc4)